‘Sidewalk’, Perjalanan Perempuan dan Tubuhnya [vimeo]

‘Sidewalk’, Perjalanan Perempuan dan Tubuhnya

PinkKorset.com – Sineas ternama Celia Bullwinkel mempersembahkan sebuah karya yang menggambarkan perjalanan panjang seorang perempuan dan tubuhnya. Seperti apa?

Sidewalk adalah film animasi pendek yang dibesut Bullwinkel. Kisahnya mengenai ‘perhatian’ di jalanan yang diperoleh seorang perempuan.

Mulai ketika ia masih gadis kecil, hingga lanjut usia. Si perempuan yang tubuhnya mengalami berbagai perubahan ini tampak sadar dengan hal tersebut.

“Film ini terinspirasi dari laki-laki yang suka bersiul ketika melihat saya, ketika masih gadis muda,” kata Bullwinkel yang diwawancarai HuffPost via email.

Ia ingat ketika mengeluhkan hal ini pada ibunya saat mereka bertelepon. Jawab ibunya, “Nikmati saja. Nanti takkan terjadi lagi dan mungkin kau akan merindukannya.”

Pastinya, Bullwinkel tak setuju dengan kata-kata ibunya itu. Namun seiring berjalan waktu, ia menyadari ucapan sang ibu ada benarnya.

Melalui film ini, Bullwinkel ingin menujukkan bahwa hanya berjalan di trotoar saja bisa terasa seperti penghargaan yang besar dari masyarakat.

Seperti terlihat dari tokoh film ini yang melalui fase-fase antara membenci dan mencintai tubuhnya sendiri, terlihat dari reaksi yang ia peroleh di jalanan.

Anda juga akan merasakan makna ketika si tokoh perempuan justru tak mendapat perhatian sama sekali di jalanan.

“Saya ingin film ini mencerminkan pengalaman pribadi, bahwa perempuan harus terus merasa positif dengan dirinya sendiri, seiring berjalan usia,” katanya.

Bullwinkel juga ingin mendedikasikan Sidewalk  bagi para perempuan muda yang belum benar-benar paham seperti apa perjalanan mereka ke depannya.