Sinapsis Otak Penyebab Autisme? [redorbit]

Sinapsis Otak Penyebab Autisme?

PinkKorset.com – Para ahli terus mencari tahu apa yang menjadi penyebab autisme. Pakar di Columbia University di New York meyakini, sinapsis otak adalah salah satunya.

Ilmuwan menyatakan, kelebihan sinapsis pada otak itu menjadi penyebab autisme pada beberapa orang. Sinapsis adalah tempat syaraf otak tersambung dan berkomunikasi.

“Ini sebuah lompatan besar dalam upaya menelusuri kondisi kompleks ini serta menciptakan harapan untuk mencari perawatan yang tepat,” demikian periset.

Sinapsis terus berkembang sejak masih bayi hingga dewasa. Seiring bertambahnya usia, sinapsis-sinapsis yang ‘tak perlu’ ini kemudian ‘dipangkas’.

Menurut riset ini, otak penderita autis tidak memangkas kelebihan sinapsis tersebut. Jika sambungan sinapsis bisa diperbaiki, maka seseorang bisa ‘normal’.

Menggunakan obat yang digunakan untuk menekan sistem imun pasien transplantasi, mereka menemukan ciri autistik itu bisa dikurangi.

Obat bernama rapamycin itu, sayangnya, memiliki efek samping yang tak sesuai untuk pengidap autisme.

Namun begitu, riset yang dipublikasi di jurnal Neuron ini membuka banyak kemungkinan untuk terapi lain yang bisa mengurangi kelebihan sinapsis.