Singapura pun Buka Bursa Emas Sendiri [chennelnewsasia]

Singapura pun Buka Bursa Emas Sendiri

PinkKorset, Singapura –  Sebagai salah satu bursa terbesar di Asia, Singapore Exchange Ltd. kini ikut bersaing dalam perdagangan emas batangan.

Kontrak global yang memperdagangkan emas 25 kilogram dengan kadar 99,99 paling cepat dibuka September. Menurut World Gold Council, perdagangannya hanya dibuka tiga jam, dari 8.30-11.25 pagi, plus tambahan 5 menit sesi pra-pembukaan dan penutupan. Singapore Exchange akan menjadi rumah kliring perdagangan ini.

Tak heran melihat Singapura kepincut bersaing dengan London sebagai pusar perdagangan emas. Pasalnya, Asia menyerap 63% permintaan emas, baik dalam bentuk batangan, perhisasan, maupun koin. Jumlah ini meningkat dibanding 2010 yang masih 57%.

Sementara itu, Singapura sejak Oktober 2012 sudah menghapus pajak emas, perak, dan platinum yang mencapai 7%. Sejak saat itu, perdagangan emas di Singapura melonjak 94% menjadi S$ 35 miliar atau sekitar US$ 28 miliar di akhir 2013.

World Gold Council akan bertemu pada 7 Juli nanti untuk membicarakan prosedur perdagangan di Singapura. Nantinya, harga emas akan berdasarkan transaksi yang dieksekusi, bisa diperdangangkan dan bukan hanya harga referensi. Data juga harus transparan, dipublikasikan, dan menjadi subyek audit.

Tak hanya bersaing dengan London. Singapura juga akan bersaing dengan Tiongkok, yang akan memulai perdangangan emas internasional di zona perdagangan bebas di Shanghai.

Shanghai Gold Exchange berencana memulai uji coba perdagangan bullion di kuartal ketiga, dengan harga kontrak dan penyelesaian dalam mata uang yuan.