Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain! Foto: Google

Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain!

PinkKorset.com, Jakarta – Kebiasaan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah hal baik. Hentikan!

Tanpa disadari, Anda terkadang suka membandingkan kesuksesan karir, percintaan dan materi hingga bentuk tubuh, wajah dan rambut dengan teman-teman.

Kebiasaan tersebut bisa terjadi karena merasa diri sendiri tidak cukup, sehingga terus menerus mencari alasan untuk membuat anda merasa lebih baik.

Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan menjauhkan Anda dari cita-cita, berisiko terhadap kesehatan dan kehidupan.

Seperti dilansir dari Huffington Post, ada lima cara yang bisa membantu Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Pertama, hindari atau setidaknya kurangi semua hal yang memicu Anda untuk membandingkan kondisi diri dengan orang lain yang dianggap lebih baik. Misalnya via jejaring sosial, media, atau iklan.

Fokus pada diri sendiri dan ketahui apa yang Anda inginkan. Bila perlu, buatlah daftar tujuan yang ingin Anda capai. Saat memiliki tujuan, secara otomatis Anda akan berhenti ‘mengintip’ urusan orang lain.

Kurangi waktu berjejaring sosial. Media sosial seringkali menjadi ajang pamer kesuksesan. Jejaring sosial bisa menyebabkan Anda selalu merasa gelisah, iri dan dikejar ambisi ingin sukses yang kadang berlebihan.

Kemudian, cobalah bermeditasi atau yoga. Aktivitas yang membuat Anda fokus pada pernafasan seringkali menenangkan dan dekat dengan sikap diri yang bijaksana.

Langkah terakhir adalah ikhlas dan menerima diri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sukses bergantung pada usaha diri sendiri. belajarlah menerima kekurangan dan memaksimalkan potensi diri.