Sulit Tidur? Coba Ubah Kebiasaan Ini Foto: endyoursleepdeprivation

Sulit Tidur? Coba Ubah Kebiasaan Ini

PinkKorset.com, Jakarta – Sulit tidur menjadi momok menyebalkan bagi sebagian yang mengalaminya. Adakah cara sederhana untuk mengatasinya?

Sulit tidur di malam hari menyebabkan Anda kekurangan waktu tidur dan terbangun dengan badan lemas, kepala pusing, dan wajah pucat. Tak ingin terus-terusan menderita seperti itu? Ubah beberapa kebiasaan sebelum tidur seperti ini.

Makanan Berlemak dan Berminyak

Makan makanan berlemak akan membuat pencernaan Anda bekerja lebih keras sehingga menyebabkan sulit tidur. Oleh karena itu hindari konsumsi makanan berlemak seperti makanan cepat saji, es krim dan lain-lain sebelum Anda tidur.

Menatap Layar

Memainkan laptop, tablet, atau ponsel serta menonton televisi sebelum tidur bisa menjadi pemicu sulit tidur. Cahaya terang merangsang otak, sehingga tak bisa santai. Ganti kebiasaan tersebut dengan melakukan yoga atau membaca buku sehingga membantu Anda tertidur dengan nyenyak.

Olah Raga

Berolahraga memang sangat baik, namun tidak saat Anda terlalu intensif melakukannya sebelum tidur. Olah raga berat akan meningkatkan denyut jantung dan energi sehingga sulit terlelap.

Bekerja Hingga Tertidur

Ini membuat Anda sulit tidur. Sebab rasa khawatir dan pikiran yang terus bekerja memacu otak tetap terjaga. Atur waktu tidur dan bekerja, istirahatlah jika memang sudah perlu agar Anda bisa tertidur dengan nyenyak.

Minuman Kafein

Kandungan kafein pada kopi, coklat, dan teh hanya akan menstimulasi tubuh dan pikiran Anda agar tetap terjaga. Untuk itu hindari konsumsi minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur.

Emosi

Bertengkar dengan pasangan atau pusing karena pekerjaan hanya akan membuat pikiran dan tubuh merasa tak santai dan sulit tertidur. Tenangkan diri dan pikiran sebelum tidur dengan mandi air hangat atau bermeditasi sehingga kadar emosi bisa diturunkan.