Sumpah Pemuda dan Kembalinya Jakarta [life]

Sumpah Pemuda dan Kembalinya Jakarta

PinkKorset.com – Pergerakan pemuda yang mencetuskan nasionalisme mempeloporinya kembalinya Jakarta dan seluruh Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Provinsi DKI Jakarta, Sumpah Pemuda akhirnya dicetuskan pada 1928 dengan menjujung tiga butir pernyataan. Kita kini mengenalnya sebagai satu Tanah Air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Selama masa pendudukan Jepang (1942-1945), nama Batavia diubah lagi menjadi Jakarta. Pada 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta dan bendera kita berkibar.

Kedaulatan Indonesia secara resmi diakui pada 1949 dan menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada 1966, Jakarta memperoleh nama resmi Ibukota Republik Indonesia.

Hal ini mendorong laju pembangunan gedung-gedung perkantoran pemerintah dan kedutaan negara sahabat. Perkembangan yang cepat memerlukan sebuah rencana induk untuk mengatur pertumbuhan kota Jakarta.

Sejak 1966, Jakarta berkembang menjadi sebuah metropolitan modern. Kekayaan budaya berikut pertumbuhannya yang dinamis merupakan sumbangan penting bagi Jakarta menjadi salah satu metropolitan terkemuka pada abad ke-21.

Baca Selanjutnya: Meriahnya Ultah Jakarta