Tahun Depan, Kepemilikan Kartu Kredit Dibatasi [PinkKorset]

Tahun Depan, Kepemilikan Kartu Kredit Dibatasi

PinkKorset.com, Jakarta – Apakah pendapatan Anda di bawah Rp10 juta dan memiliki kartu kredit lebih dari dua? Bila iya, mulailah memilih mana yang paling Anda perlukan.

Mengapa?

Mulai 1 Januari 2015, Bank Indonesia (BI) menerapkan regulasi terkait pembatasan kepemilikan kartu kredit, baik dari sisi pendapatan maupun usia. Hal ini sebagai langkah manajemen risiko kredit baik di sisi penerbit kartu kredit maupun pengguna kartu kredit.

Ketentuan untuk pembatasan kepemilikan kartu kredit dari sisi pendapatan menyebutkan bahwa individu dengan pendapatan kurang dari Rp 3 juta per bulan tidak diperbolehkan memiliki kartu kredit.

Lalu, individu dengan pendapatan antara Rp 3 juta-Rp 10 juta boleh memiliki kartu kredit dari maksimal dua penerbit dengan pembatasan total plafon kredit dari seluruh kartu kredit yang dimilikinya yaitu maksimal tiga kali pendapatan tiap bulan.

Sedangkan individu dengan pendapatan lebih dari Rp 10 juta tidak dibatasi kepemilikan kartu kreditnya, namun mempertimbangkan analisis risiko masing-masing penerbit kartu.

“Pendapatan tiap bulan yang dapat dijadikan pertimbangan penerbit kartu kredit adalah pendapatan setelah dikurangi kewajiban antara lain pajak dan pembayaran utang kepada pemberi pekerjaan atau kerap disebut take home pay,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Sedangkan pembatasan kepemilikan kartu kredit dari sisi usia adalah, pemegang kartu utama berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Sementara itu, pemegang kartu tambahan berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Untuk implementasi ketentuan serta edukasinya kepada masyarakat, Bank Indonesia secara aktif berkoordinasi dengan industri, perbankan dan Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) yang mewakili penyelenggara kartu kredit, baik prinsipal, penerbit maupun acquirer.

Baca selanjutnya:

Kepemilikan Kartu Kredit Dibatasi, No Worries!
Ratusan Ribu Kartu Kredit Terancam Ditutup