Tahun Ini Masjid Istiqlal tak Bagi-Bagi Daging [google]

Tahun Ini Masjid Istiqlal tak Bagi-Bagi Daging

PinkKorset.com – Di Hari Idul Adha 1435 H tahun ini yang jatuh pada Minggu (5/10/2014) mendatang, panitia Masjid Istiqlal memutuskan tak membagikan hewan kurban.

Dilansir dari Kompas, hal ini disampaikan oleh Wakil Kepala Seksi Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah. Bahwa pola distribusi hewan kurban berubah total dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Kali ini tak ada pembagian kurban menggunakan kupon di masjid,” ujarnya di Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Langkah ini merupakan bentuk evaluasi dan antisipasi antrean berujung kericuhan hingga menelan korban jiwa, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Panitia juga tidak mencincang daging kurban sebagamana biasanya.

Mereka hanya mencincang dalam potongan besar yang kemudian dibagikan ke masjid, yayasan, dan panti asuhan yang telah ditunjuk. “Kami tak ingin kejadian serupa terulang, sehingga tahun ini persiapan lebih matang,” katanya.

Hingga kini, hewan kurban yang tercatat untuk disembelih di Masjid Istiqlal sudah 25 ekor sapi dan lima ekor kambing. Jumlah ini masih bisa bertambah. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono juga belum termasuk.

Tahun lalu, hewan kurban di Istiqlal berjumlah 47 sapi dan delapan kambing yang dibagikan ke lebih dari 10 ribu mustahik atau orang yang berhak menerimanya.