Tak Terasa, Facebook Sudah 10 Tahun [google]

Tak Terasa, Facebook Sudah 10 Tahun

PinkKorset.com – Sepuluh tahun lalu, Mark Zuckerberg yang masih seorang mahasiswa, menciptakan jejaring sosial terbesar dunia ini.

Pada 4 Februari 2004, Mark meluncurkan cikal bakal Facebook, thefacebook.com. Di situs ini, mahasiswa bisa memposting informasi tentang diri mereka dan menjalin persahabatan secara virtual.

Ketika itu, jejaring sosial yang sedang populer adalah Friendster. Meski di tahun depannya, MySpace menjadi tren. Google baru saja meluncurkan Orkut, beberapa pekan sebelumnya.

Facebook berbeda karena ditujukan untuk mahasiswa, menampilkan layout keren tanpa spam, dan belum ada rencana untuk berbisnis. “Pada akhirnya saya akan membuat laba,” tutur Mark, diwawancara suratkabar mahasiswa Harvard saat itu.

Perlahan tapi pasti, Facebook mengeruk keuntungan pertama pada 2009. Per 2013, Facebook melaporkan keuntungan sekitar US$1,5 miliar atau revenue hampir US$8 miliar.

Desember 2004, Facebook telah menembus sejuta pengguna. Padahal belum memiliki fitur unggah foto. Selama sepuluh tahun, fitur-fitur Facebook terus bertambah. Hingga pengguna bisa bermain game di situs tersebut.

Di ulang tahunnya yang ke-10, Facebook menyusun sebuah lini masa (timeline) berisi momen-momen penting dalam sejarahnya sendiri. Apa yang Mark katakan di tahun kesepuluhnya ini?

“Ini sebuah perjalanan yang luar biasa, saya bersyukur bisa jadi bagiannya. Di dekade berikutnya, kami punya kesempatan dan tanggung jawab untuk menghubungkan semua orang, serta terus melayani komunitas,” kata Mark.