Tawaran Rp2 M Untuk Berendam di Air Es [Huffpost]

Tawaran Rp2 M Untuk Berendam di Air Es

PinkKorset.com, Beijing – Bila tantangan menyiram diri dengan seember es (ice bucket challenge), Anda diminta menyumbang, maka tawaran berendam di es kali ini justru berhadiah uang.

Uang yang ditawarkan pun bukan main-main. Nilainya mencapai miliaran rupiah.

Ya. Salah satu orang terkaya di Tiongkok Chen Guangbiao berjanji memberikan hadiah senilai satu juta yuan atau setara Rp 1,9 miliar bagi siapapun yang mampu berendam di air es selama setengah jam.

Hal ini ia ungkapkan, setelah mengklaim dirinya berhasil berendam di dalam air es selama 30 menit.

“Jika ada yang mampu bertahan lebih dari 30 menit seperti yang telah saya lakukan, saya akan menyumbangkan uang senilai satu juta yuan,” ujarnya dalam sebuah video seperti dilansir dari laman New York Post, Jumat (29/8/2014).

Sebelumnya, miliuner Tiongkok ini mengunggah di situs media sosial Weibo, video dirinya tengah berendam di dalam bak berisi air dingin yang disiram es batu.

Setelahnya, Chen menyumbangkan uang senilai US$ 165 ribu pada sebuah lembaga riset medis.

“Sebagai dermawan di Tiongkok dan pengamat lingkungan nomor satu, merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk membantu orang-orang yang terkena penyakit kelumpuhan syaraf,” katanya.

Terkait aksi raja donatur ini di media sosial, para pengamat justru menuding Chen menggunakan trik. Chen dituding menggunakan es palsu dalam video yang direkam di Nanjing tersebut.

Alasannya sederhana, es dalam ember tersebut tenggelam dan bukan mengapung di air.

“Manusia hanya bisa bertahan di air es beberapa menit saja. Di awal, mereka pasti menyiram air hangat dan es palsu ke atas kepala Chen,” kata pakar digital Xian Yang.

Mau lihat aksinya?