Ternyata, Banyak Fobia Aneh [fobia]

Ternyata, Banyak Fobia Aneh

PinkKorset.com – Fobia memang membuat tak nyaman. Anda bakal merasa lebih tak nyaman begitu tahu ada fobia yang aneh-aneh seperti ini.

Dalam konteks psikologi klinis, fobia adalah salah satu bentuk gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang biasanya membuat si penderita takut terhadap benda atau situasi tertentu dan selalu berusaha menghindarinya.

Mendengar seseorang takut terhadap laba-laba (arachnophobia) atau terhadap ruangan sempit (claustrophobia), mungkin sudah agak umum. Tapi ada pula yang terbilang aneh seperti beberapa fobia berikut ini.

Telephonophobia

Ini adalah fobia ketika menelepon atau menerima panggilan telepon. Beberapa orang terlalu khawatir mengalami canggung atau kehabisan bahan pembicaraan. Sehingga mereka menolak menjawab telepon atau menelepon orang lain.

Nomophobia

Ini jelas fobia jaman modern, ketika seseorang takut tak mendapat akses untuk menggunakan ponselnya. Mulai dari kehilangan ponsel, kehabisan batere, hingga sulit mendapatkan sinyal dan tak ada pulsa, membuatnya takut. Mereka merasa naked tanpa ponsel.

Anthophobia

Penderitanya takut dengan bunga, meski mereka tahu bunga itu cantik dan tak berhaya. Namun melihatnya saja sudah merasa takut.

Heliophobia

Ini fobia terhadap sinar matahari yang sebenarnya amat esensial bagi kehidupan. Penderita biasanya lebih suka beraktivitas di sore hari. Tirai-tirai di rumahnya super tebal atau bila perlu, tinggal di ruangan bawah tanah atau bagian tergelap di rumahnya.

Chorophobia

Seperti nomophobia, fobia yang satu ini sebenarnya cukup banyak dijumpai. Umumnya pada lelaki yang tak suka dipaksa berdansa karena tak bisa melakukannya. Mulanya enggan, lama-lama jadi takut berdansa. Bahkan ada yang merasa mual jika dipaksa.

Ablutophobia

Yakni fobia mandi. Ini berbeda dari hydrophobia atau fobia air. Penderita ablutophobia tak mau mandi karena tak ingin bersih. Seperti fobia lainnya, pasti ada trauma mendalam yang jadi penyebabnya.