Tiga Langkah Kurangi Kembung dan Begah [countynewscenter]

Tiga Langkah Kurangi Kembung dan Begah

PinkKorset.com – Perut kembung dan begah membuat Anda tak nyaman dan serba salah. Berikut tiga hal yang sebaiknya Anda hindari untuk mencegahnya.

Selain tak nyaman dan serba salah, perut juga terlihat buncit dan seringkali menimbulkan rasa tak percaya diri. Mengubah gaya hidup sebenarnya bisa membantu mengurangi kembung dan begah. Ini tiga hal mudah yang bisa Anda hindari.

Hindari Minuman Dingin di Sela Makan

Nadya Adreeva, ALOHA Expert and Certified Wellness Coach menyarankan Anda berhenti mengonsumsi minuman dingin di sela-sela makan. Sebab, minuman dingin membuat lambung dan usus besar Anda bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

Minum teh herbal atau air putih hangat dengan potongan jeruk nipis,” ujarnya.

Berhenti Ngemil

Menyantap camilan, selain mengacaukan diet, juga bukanlah ide yang baik untuk pencernaan. Sebab, pencernaan butuh waktu untuk mencerna makanan. Semakin sering ngemil, semakin berat pula kerja sistem pencernaan. Sehingga, Anda merasa kembung.

Ngemil juga membuat perempuan kehilangan energi. “Kebanyakan perempuan makan lima hingga enam kali sehari dan tubuh menggunakan 60% energi untuk mencernanya,” lanjut Nadya.

Hindari Makanan Kering

Misalnya gorengan atau keripik. Alasannya, usus besar akan mengalami kekeringan yang berdampak pada timbulnya rasa kembung. Hindari pula makanan lain yang menyebabkan kembung seperti keju, kedelai, jagung, dan makanan laut seperti udang dan kerang.