Tips Berpuasa Sehat dari Dokter [barbrothersgroningen]

Tips Berpuasa Sehat dari Dokter

PinkKorset.com, Jakarta – Ada tiga tips puasa sehat yang disarankan dokter untuk Anda. Apa saja?

Menurut Dr. dr. Saptawati Bardosono, M. Sc, ahli gizi Indonesian Hydration Working Group, tips pertama adalah tidak menggunakan puasa sebagai alasan bermalas-malasan dan melakukan ‘hibernasi’ atau tidur sepanjang hari.

“Jangan mengurangi aktivitas. Tetap beraktivitas seperti biasa, meski jangan dipaksakan karena kondisi tubuh tidak fit 100%,” ujarnya saat ditemui, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Khusus berolahraga, perempuan yang akrab disapa Dr. Tati ini menyarankan Anda memilih waktu setengah jam sebelum berbuka. Alasannya, cairan yang hilang saat berolahraga dapat segera terpenuhi kembali saat berbuka puasa.

Tips kedua, perhatikan asupan protein dan karbohidrat baik saat berbuka maupun saat sahur. Sebab, lanjutnya, protein dan karbohidrat menjadi bagian yang paling banyak ‘terbuang’ saat tubuh tidak makan atau minum selama lebih dari 12 jam.

“Yang banyak hilang dari tubuh saat puasa adalah air. Karbohidrat dan protein juga akan berkurang jauh. Namun, tidak demikian dengan lemak,” ucapnya. Selain lemak, massa otot juga akan berkurang jika tidak hati-hati dengan asupan.

Memang, berat badan pada sebagian besar orang pasti turun. Ia menambahkan, hal ini bukan berarti Anda mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Terutama saat berbuka puasa.

Tips terakhir yang tak kalah pentingnya adalah asupan air putih. Gunanya, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.  Saat berbuka, mulailah menghidrasi tubuh dengan meminum segelas air putih.

“Sedangkan untuk menggantikan gula yang turun, sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang setara dengan sarapan,” tutupnya.