Tips Mengurangi Morning Sickness Foto: essentialbaby

Tips Mengurangi Morning Sickness

PinkKorset.com, Jakarta – Kehamilan adalah momen membahagiakan yang ditunggu setiap perempuan yang sudah menikah. Namun, rasa mual yang muncul, kadang begitu hebatnya hingga menghambat aktivitas keseharian Anda.

Rasa mual dan ingin muntah (morning sickness) kerap dikaitkan sebagai indikasi awal sebuah kehamilan. Keluhan ini biasanya muncul pada usia trimester pertama masa kehamilan, terutama saat kehamilan pertama, dan berangsur menghilang ketika memasuki trimster kedua.

Kendati sering dinilai normal dan wajar, rasa mual tersebut bisa menghambat aktivitas dan membuat ibu serta janin yang dikandungnya kekurangan gizi. Terutama karena dalam beberapa kasus, mual justru muncul dari bau susu atau bau makanan, seperti nasi.

Berikut beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang bisa bermanfaat bagi Anda.

1. Konsumsi Gizi Seimbang

Cobalah memilih makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan protein. Konsumsi juga buah dan sayuran. Anda sebaiknya makan dalam porsi sedikit namun sering. Hal ini bertujuan mencegah perut tidak kosong dan kadar gula dalam darah tetap stabil.

2. Konsumsi Jahe

Dalam pengobatan tradisional, jahe adalah obat alami yang sangat manjur untuk mengatasi mual. Jahe bisa dikonsumsi sebagai minuman, atau campuran makanan.

3. Bergeraklah Perlahan

Usahakan jangan terlalu buru-buru bangkit ketika bangun pagi. Biasakan duduk dulu beberapa menit, baru berdiri perlahan-lahan.

4. Hindari Pemicu Mual

Ibu hamil biasanya memiliki pemicu mual yang berbeda-beda . Seperti bau parfum atau bau makanan yang terlalu tajam. Coba jauhkan beberapa hal yang membuat Anda mual. Minta dukungan dari keluarga supaya tidak mendekati Anda ketika menggunakan parfum yang menyengat, atau menutup pintu dapur ketika memasak. Hal ini cukup efektif mengurangi rasa mual.