Trik Mudah Tidurkan Anak Anda [anxietyfreechild]

Trik Mudah Tidurkan Anak Anda

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak ibu yang mendapat kesulitan saat menidurkan anak-anaknya. Bila Anda juga mengalaminya, apa yang harus dilakukan?

Tingkat keaktifan anak yang tinggi menyebabkan mereka seakan tak ada capainya bermain dan bergerak kesana kemari. Hal ini menjadi penyebab umum mengapa anak-anak sulit untuk tidur dan terlelap.

Solusinya? Ciptakanlah “bedtime” atau waktu tidur yang menyenangkan bagi anak.

Seperti apa? Simak beberapa kegiatan berikut.

Buat Kata Kunci Sebagai Sinyal

Kata kunci ini untuk memberitahukan waktu tidur pada anak. Misalnya dengan kata-kata “Sudah saatnya menyikat gigi Kapten!” atau “Waktunya membaca cerita putri!”. Ucapkan kata-kata yang sama setiap malam, sehingga anak akan mengerti jika sudah tiba waktunya untuk tidur.

Buat Mini Perpustakaan

Susunlan buku cerita yang biasa diceritakan sebelum tidur pada rak buku di dalam kamar anak. Biarkan ia memilih buku mana yang hendak dibacakan sebelum tidur. Selain mengembangkan fantasinya, anak juga bersemangat untuk pergi tidur.

Tempatkan Kejutan Kecil Di Bawah Bantal Tidurnya

Kejutan ini tak perlu barang baru. Anda dapat menempatkan mainan atau buku kesukaannya untuk menemani ia tidur malam itu. Perasaan ‘excited’ si anaklah yang menjadi tujuan kegiatan ini, sehingga ia akan menanti waktu tidur malam dan Anda tak akan kesulitan menidurkannya.

Beri Pijatan Ringan Pada Tubuh Bayi Dan Balita Anda

Bila Anda mempunyai bayi atau balita, lakukan pijatan ringan untuk merileksasikan tubuhnya dan membantunya tertidur lebih lelap. Gunakan minyak atau lotion khusus bayi yang mengandung aromatherapy.

Nikmati Keindahan Alam

Ajak anak Anda untuk ucapkan selamat malam pada bulan dan bintang-bintang melalui jendela kamar atau beranda rumah. Kegiatan ini membuat anak menikmati keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan di malam hari.

Lakukan Review Mengenai Hari Ini

Anda dapat melakukannya dengan menyebutkan apa saja yang sudah dilalui dan apa saja kegiatan yang menjadi favorit Anda dan anak pada hari itu.

Persiapan Hari Esok

Hal ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak untuk tertidur dengan mudah. Coba ingatkan apa yang akan ia jalani besok, seperti kegiatan mewarnai bersama teman-temannya di sekolah atau beri ungkap sedikit rahasia untuk menu bekal kesukaannya.

Buat Dongeng Sendiri

Tentu ini menyenangkan, Anda  dan anak dapat berbagi imajinasi bersama-sama, sekaligus melatih otaknya untuk berpikir. Buat kisah secara bersambung dan selipkan nilai-nilai moral di dalamnya. Bacakan cerita itu setiap malamnya. Sehingga, waktu tidur akan sangat ditunggu-tunggu anak karena ada dunia imajinasi yang disukainya.

Cipatakan Suasana Yang Nyaman

Ciptakan suasana nyaman untuk anak sebelum tidur, seperti menyalakan lampu tidur, Teddy Bear untuk dipeluk atau nyalakan musik pengantar tidur seperti ‘Twinkle Twinkle Little Star’ atau instrumen musik lainnya yang juga dapat membuat anak Anda tertidur pulas.