Tujuh Manfaat Baik Air Putih Foto: fitsugar

Tujuh Manfaat Baik Air Putih

PinkKorset.com – Tak pernah ada yang buruk dari rajin minum air putih. Anda sebaiknya memperbanyak mengkonsumsinya.

Para pakar kesehatan menyarankan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari, demi keseimbangan fisik. Berikut tujuh manfaat baik lainnya, agar Anda semakin rajin.

Menjaga Bentuk Tubuh

Ingin menurunkan berat badan? Air mempercepat metabolisme, membuat Anda merasa kenyang. Ganti minuman kalori dengan air. Minum segelas sebelum makan juga akan menghentikan Anda banyak makan.

Menambah Energi

Saat merasa lelah dan lesu, cepat minum air. Dehidrasi membuat tubuh terasa lebih cepat lelah. Minum dalam jumlah yang tepat akan membuat jantung memompa darah lebih efektif. Air juga membantu menyebarkan oksiken dan nutrisi penting ke sel-sel tubuh.

Menurunkan Stress

Sekitar 70-80% sel otak terdiri dari air. Jika dehidrasi, tubuh dan pikiran Anda stress. Saat has, ini artinya sudah sedikit dehidrasi. Untuk menurunkan kadar stress, selalu sediakan segelas air dimanapun Anda berada.

Membentuk Otot

Air putih juga membantu kram otot serta melumasi sendi-sendi tubuh. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, Anda bisa terus melakukan olah raga atau latihan tanpa merasa kepayahan.

Memelihara Kulit

Minumlah secara teratur maka kulit bebas dari keriput dan kerutan. Air adalah krim kecantikan alami, membuat wajah tampak lebih muda. Sirkulasi darah yang lancar membantu kulit tampak sehat bercahaya.

Melancarkan Pencernaan

Selain serat, air baik untuk pencernaan. Air membantu meleburkan partikel-partikel yang hendak dibuang tubuh sehingga melintasi saluran pembuangan dengan lancar. Saat dehidrasi, tubuh menyerap semua air dan membuat usus kering sehingga Anda sulit BAB.

Mengurangi Batu Ginjal

Batu ginjal yang amat menyakitkan, bisa dikurangi risikonya atau bahkan dihindari dengan banyak minum air. Sebab, kurang minum adalah penyebab utamanya. Garam dan mineral di urine yang berpotensi membentuk kristal padat atau dikenal sebagai batu ginjal, dilarutkan oleh air.