Tutupi Aksi Demo, Tiongkok Blokir Instagram [HKnews]

Tutupi Aksi Demo, Tiongkok Blokir Instagram

PinkKorset.com – Pemerintah Tiongkok telah memblokir layanan jejaring sosial foto Instagram, di negaranya.

Langkah tersebut diambil menyusul membanjirnya foto-foto demonstrasi yang menuntut pemilihan langsung yang demokratis di Hong Kong.

Para pendemo yang kebanyakan pelajar dan mahasiswa menentang keputusan Pemerintah Beijing yang meniadakan pemilihan langsung untuk penguasa wilayah Hongkong pada 2017. Kebijakan ini bertentangan dengan kesepakatan saat Inggris menyerahkan Hong Kong kepada Tiongkok pada 1997.

Situs Blocked In China yang memonitor sensor internet yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok, diberitakan The Verge (28/9/2014), mengatakan bahwa akses Instagram telah diblokir di Tiongkok, yang kemungkinan besar dilakukan untuk mencegah tersebarnya foto-foto aksi demonstrasi di Hong Kong. Padahal, akses Instagram di Hong Kong sendiri belum diblokir.

Situs Greatfire.org juga mengonfirmasi bahwa pengguna Instagram di Tiongkok daratan tidak bisa mengakses layanan Instagram.

Tiongkok memiliki riwayat dalam hal penutupan aneka media massa dan media sosial selama berlangsungnya kekisruhan politik.

Namun, pemblokiran itu sifatnya tidak menyeluruh. Pengguna Instagram di Hong Kong masih bisa mengunggah foto-foto suasana demonstrasi yang digelar di pusat bisnis Hong Kong tersebut. Foto-foto demonstrasi itu banyak menggunakan tagar #OccupyHK atau #OccupyCentral.

Ini adalah pertama kalinya Pemerintah Tiongkok menyensor instagram. Mereka biasanya aktif menutup konten-konten yang disebarkan di Facebook, Twitter atau Google. Namun, membanjirnya foto-foto demonstrasi yang disebarkan melalui Instagram, membuat pemerintah Tiongkok gerah dan akhirnya melakukan pemblokiran.