Uang, Lembaran yang Penuh Bakteri Foto: irishexaminer

Uang, Lembaran yang Penuh Bakteri

PinkKorset.com – Pernah dengar idiom dirty money? Ternyata, money benar-benar dirty.

Periset menemukan bahwa lembaran-lembaran dolar Amerika dari sebuah bank di Manhattan, New York City, membawa tiga ribuan tipe bakteria. Beberapa diantaranya lazim ditemukan di kulit manusia.

Namun ada pula yang serupa dengan bakteri-bakteri yang ditemukan di mulut atau bahkan alat kelamin. Adapula bakteri yang terdeteksi di lembaran dolar ini merupakan penyebab jerawat.

Namun ada pula yang kebal terhadap antibiotik seperti Staphylococcus aereus (MRSA), yang menurut periset Center for Genomics and Systems Biology di New York University, kebal terhadap metisilin.

Satu hal yang bisa ditarik dari studi ini, lembaran uang kertas merupakan sebuah media penyebaran bakteri. Misalnya di musim dingin, lembaran uang kertas cepat menyebarkan pneumonia ketimbang saat musim panas.

Meski begitu, para periset menyarankan masyarakat untuk tidak panik. Mikroba sangat penting dan sudah umum berada di sekitar kita, walaupun ada jenis mikroba yang harus diwaspadai.

“bukan berarti Anda semua lalu harus panik,” kata pemimpin riset, Jane Carlton, direktur genome sequencing di Center for Genomics and Systems Biology, kepada ABC News.