Ubah Cemburu Jadi Hal Positif [infidelityrecoveryinstitute]

Ubah Cemburu Jadi Hal Positif

PinkKorset.com – Cemburu umumnya memberikan efek negatif untuk hubungan Anda dan pasangan. Tapi jika diatasi dengan tepat, cemburu bisa jadi hal positif.

Hal ini diungkapkan oleh ahli terapi pernikahan dan keluarga, Diane R. Gehart, menurutnya, cemburu akan merusak hubungan jika dilakukan dengan sikap agresif, tapi bisa berguna jika dimanfaatkan untuk kebaikan, seperti hal-hal berikut ini.

Alarm Pengingat

Cemburu bisa menjadi alarm yang mengingatkan Anda betapa pentingnya hubungan dengan pasangan. Menurut Elizabeth Lombardo, psikolog sekaligus penulis buku Better Than Perfect: 7 Strategies to Crush Your Inner Critic and Create a Life You Love, cemburu dapat menyorot apa yang Anda nilai pada hubungan. Kadang-kadang manusia memang perlu sentuhan untuk menyadari betapa penting apa yang ia telah miliki. Jadikan cemburu sebagai peringatan agar Anda lebih perhatian dan menghargai pasangan.

Meningkatkan Komunikasi

Cemburu bisa membantu meningkatkan komunikasi karena membicarakan masalah yang membuat Anda cemburu dan menuntaskan kesalahpahaman yang mungkin timbul. Mengungkapkan apa yang menjadi kecemburuan Anda memang diperbolehkan, namun sebaiknya gunakan pernyataan langsung bukan sindiran yang hanya akan memperkeruh hubungan.

Membakar Semangat

Cemburu menjadi sangat positif saat diubah menjadi semangat membara untuk berubah menjadi lebih baik. Misalnya, ketika cemburu melihat perempuan rekan kerja pasangan memiliki bentuk tubuh lebih bagus, Anda bisa termotivasi berolahraga serta diet sehat untuk mendapatkan bentuk tubuh lebih baik. Atau saat cemburu dengan kesuksesan pasangan dalam karir, Andapun bisa meraihnya dengan semangat serupa. Ubah cemburu Anda menjadi semangat, tentunya akan memberikan hasil lebih baik.

Motivasi

Cemburu bisa menjadi motivasi baru untuk Anda memperlakukan pasangan dengan lebih baik lagi. Misalnya dengan membeli tiket kereta diam-diam dan mengajaknya berlibur saat weekend ke tempat favorit Anda dan pasangan tanpa memberitahunya terlebih dahulu. Kejutan atau perlakuan manis dapat membangkitkan kembali percikan cinta yang mungkin sudah lama tak terlihat.

Radar Rasa tak Aman

Cemburu bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya trauma masa lalu, merasa dikucilkan saat masa kanak-kanak atau karena Anda merasa sebenarnya ada ketidakcocokan dengan pasangan. Untuk itu, pahami baik-baik apa pemicu rasa cemburu sehingga Anda bisa mencari jalan pemecahannya.