Uji Adrenalin di Wahana Air ‘Gila’ [nbc]

Uji Adrenalin di Wahana Air ‘Gila’

PinkKorset.com, Kansas – Anda suka menguji adrenalin? Ada baiknya mencoba wahana air ‘gila’ yang satu ini.

Water slide Verrückt adalah perosotan air yang terletak di taman air Schlitterbahn, Kansas City, Kansas, Amerika Serikat.

Resmi dibuka untuk umum sejak 10 Juli lalu, perosotan setinggi 168 kaki 7 inci (sekitar 51 meter) ini resmi diakui oleh Guinness World Records sebagai waterslide tertinggi di dunia.

Sesuai artinya, Verrückt yang dalam bahasa Jerman ini berarti “gila” itu memang wahana air yang dibutuhkan oleh para pencari sensasi bertualang dengan gravitasi.

Bagaimana tidak?

Setelah mendaki sebanyak 264 tangga, lebih tinggi dari Patung Liberty, pengendara yang diikat ke sebuah perahu karet akan terjun sekitar 17 lantai pada sudut 60 derajat, lalu akan naik ke atas bukit, sebelum meluncur lagi dari ketinggian 60 kaki (18 meter) dan mendarat di sebuah kolam.

Pengendara akan mencapai kecepatan sekitar 65 mil per jam (29 meter per detik), dan seluruh perjalanan liar ini berlangsung hanya dalam waktu 10 detik. Wow!

Gene Van Buren, ahli fisika di Brookhaven National Laboratory di New York menuturkan, pada Verrückt, pengendara akan mengalami perasaan melayang. Ini karena air yang mengalirkan perahu karet turun, menciptakan permukaan yang hampir tanpa gesekan.

Rasa melayang tercipta ketika seseorang tidak bisa lagi merasakan gravitasi dari berat badan mereka sendiri. Pengendara Verrückt merasa ringan dan melayang di udara selama beberapa detik, ketika perahu karet nyaris melayang di atas perosotan.

Namun, jangan khawatir, perahu karet di Verrückt hanya melayang sekitar satu inci di atas air.

“Rasa jatuh bebas bisa menjadi perasaan yang agak menakutkan, dan orang-orang bisa mendapatkan sensasi itu. Jadi tidak diragukan mengapa desainer wahana ini ingin membuat margin keamanan sekecil mungkin. Mereka ingin membuat orang lebih dekat ke batas melayang di udara, terutama bagi yang tak pernah melakukannya.”

Seperti dilansir NBC, awalnya Verruckt dibuka pada 23 Mei 2014 silam. Namun, peresmian itu ditunda hingga 5 Juni dan kembali mengalami penundaan sampai 29 Juni. Sampai akhirnya, wahana air tersebut dibuka pada 10 Juli 2014 lalu. Penundaan tersebut dilakukan untuk menguji wahana air tertinggi di dunia itu aman bagi pengunjung.

Berani mencoba?