Uji Coba ERP di Rasuna Said Mulai Pukul 3 Sore [liputan6]

Uji Coba ERP di Rasuna Said Mulai Pukul 3 Sore

PinkKorset.com, Jakarta – Uji coba mesin Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, akan dimulai Selasa hari ini, jam 3 sore.

ERP merupakan sistem jalan berbayar yang diterapkan pada jalan-jalan tertentu. Ini berarti, mobil yang masuk area ERP akan otomatis dikenai biaya dan diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Jakarta.

Pada uji coba kali ini, sebanyak 100 on board unit (OBU) dipasang di 100 kendaraan roda empat milik masyarakat, petugas Dinas Perhubungan dan karyawan yang berkantor di sekitar daerah tersebut.

Sama seperti di Jalan Sudirman, uji coba kali ini juga akan dilakukan selama tiga bulan.

Bedanya, bila di Bundaran Senayan memakai mesin dari perusahaan asal Swedia, Kapsch AG, kini mesin yang dipasang di sekitar gedung Setiabudi One tersebut disediakan oleh Q-free, perusahaan asal Norwegia.

Alat tersebut hanya berbeda fisik. Gantry ERP di Jalan Sudirman berbentuk portal seperti gawang letter U terbalik, di Jalan Rasuna Said berbentuk letter L terbalik. Namun secara prinsip seluruhnya tidak terlalu berbeda. Seperti penggunaan OBU, kamera dan sensor.

Uji coba ini dilakukan untuk melihat operasional alat yang dipasang. Berdasarkan hasil evaluasi terdahulu, kendala yang dihadapi adalah banyaknya kendaraan yang menggunakan pelat nomor modifikasi, sehingga tidak dapat terbaca alat ERP.

Penyempurnaan pun akan dilakukan sehingga selain pelat nomor, mesin bisa mengidentifikasi fisik kendaraan yang disimpan di sistem.

Baik Q-Free maupun Kapsch belum tentu menjadi rekanan Pemprov DKI untuk menyediakan sistem dan teknologi penerapan peraturan ERP di Jakarta. Namun, wacana penerapan peraturan ERP sebagai satu solusi mengurai masalah kemacetan di ibukota, ditargetkan terlaksana paling lambat pada 2015.

Rencananya, area penerapan ERP akan dibagi dalam tiga area. Area I, Blok M-Stasiun Kota, Jl Gatot Subroto (Kuningan-Senayan), Jl Rasuna Said-Tendean, Tendean-Blok M serta Jl Asia Afrika-Pejompongan.

Area II meliputi, Dukuh Atas – Manggarai – Matraman – Gunung Sahari serta Jatinegara – Kampung Melayu – Casablanca – Jl Satrio – Tanah Abang.

Kemudian, area III meliputi Grogol – Roxi – Harmoni, Tomang – Harmoni – Pasar Baru, Cempaka Putih – Senen – Gambir, Cawang – Pluit – Tanjung Priok, Cawang – Tanjung Priok, Sunter – Kemayoran