UNESCO Resmikan Capoeira Sebagai Warisan Budaya Brasil [bbc]

UNESCO Resmikan Capoeira Sebagai Warisan Budaya Brasil

PinkKorset.com – Capoeira, sebuah seni bela diri Brasil yang menggabungkan unsur tari, telah diberikan status perlindungan khusus oleh lembaga budaya PBB, UNESCO.

Perwakilan UNESCO mengatakan penetapan Capoeira sebagai ‘warisan budaya tak berwujud (intangible)’ akan membantu Brasil melestarikan tradisi mereka.

Capoeira awalnya diciptakan oleh budak Afrika untuk melestarikan keterampilan bertempur mereka, dengan menyamarkannya dalam tarian.

Lahir di abad ke-17, Capoeira biasanya dilakukan dalam sebuah lingkaran yang terdiri dari para pemain dan musisi. Tari ini dilakukan oleh dua orang yang menari di atas tangan dan kaki mereka, diiringi perkusi dan nyanyian.

A capoeira circle in the northeast of Brazil

Mengkombinasikan seni bela diri, tari dan olahraga, aksi ini membutuhkan kekuatan fisik dan fleksibilitas yang dianggap sebagai keindahan akrobatik yang menawan.

“Ini adalah salah satu simbol yang paling penting dari identitas Brasil yang ada di seluruh wilayah kami serta dipraktekkan di lebih dari 160 negara,” kata kementerian budaya Brasil dalam sebuah pernyataan.

Brasil kini memiliki lima seni budaya yang telah diberikan status warisan budaya oleh Unesco. Budaya ini termasuk beberapa tarian, musik, ritual adat dan seni.