Windows 8,1 Turun Harga Hingga 70% Foto: cnet

Windows 8,1 Turun Harga Hingga 70%

PinkKorset.com, California – Microsoft Corporation memangkas harga Windows 8,1 hingga 70% bagi produk murahnya. 

Microsoft mengenakan biaya US$15 untuk lisensi Windows 8,1 dari semula US$50, untuk  preinstall pada perangkat dengan harga  kurang dari US$250.

Diskon itu akan berlaku bagi setiap produk yang memenuhi batasan tersebut, dan tak ada batasan bagi ukuran atau tipe perangkatnya. Hal ini sebagai upaya menghadapi pesaingnya yang lebih murah.

Seperti diketahui, ketatnya persaingan dengan Apple Inc dan Google, telah memangkas pendapatan divisi lisensi perangkat dan consumer Microsoft, termasuk software Windows.

Awal bulan ini, Microsoft mengklaim telah menjual lebih dari 200 juta lisensi Windows 8, sejak program tersebut mulai dijual Oktober 2012. Namun, tingkat adopsinya lebih lambat ketimbang Windows 7.

Dengan menawarkan insentif bagi produsen PC untuk menjual model murah, Microsoft berharap dapat mendongkrak pangsanya di pasar tablet, yang mencatatkan pertumbuhan US$80 miliar.

Kendati daftar harga regular Windows dibanderol US$50, sejumlah pabrikan komputer terbesar di dunia hanya membayar US$30 setelah insentif, seperti anggaran pemasaran yang disediakan oleh Microsoft.

Model murah ini juga ditujukan untuk menekan Chromebooks, notebook yang menggunakan sistem operasi milik Google.

Berdasarkan data lembaga riset pasar IDC, penjualan komputer global melorot ke level terendah 10% pada 2013, dan penurunan diperkirakan berlanjut tahun ini, seiring pergeseran selera konsumen dari desktop tradisional ke tablet dan smartphone.

Adapun volume penjualan tablet, didominasi oleh Apple dan Google, yang sistem operasinya menguasai 95% pasar tersebut, diperkirakan naik rata-rata 16% hingga 2017.