Wow! Indonesia Bakal Punya Shinkansen! Foto: talkvietnam

Wow! Indonesia Bakal Punya Shinkansen!

PinkKorset.com, Jakarta – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kereta cepat Shinkansen di Jepang. Indonesia pun akan segera menyusul dengan rute perdana Jakarta-Bandung.

Pihak investor, Japan International Cooperation Agency (JICA) merancang rute kereta yang menghubungkan Stasiun Dukuh Atas di Jakarta dengan Gedebage di Bandung.

Dukuh Atas dipilih karena memiliki akses tepat di tengah kota. Adapun tiga stasiun pemberhentian dalam rute ini  adalah Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang dan Stasiun Karawang, Jawa Barat, karena tiga kawasan tersebut merupakan area industri yang memungkinkan banyak penumpang. Stasiun akan dibangun di bawah tanah untuk mengatasi kepadatan bangunan dan struktur lain.

Jalur kereta super cepat ini juga akan terkoneksi dengan rencana bandara baru di Karawang yang kini masih tahap perencanaan.

Tidak hanya itu. Shinkansen Jakarta-Bandung juga rencananya akan terintegrasi dengan transportasi massal di Jakarta, seperti jaringan Mass Rapid Transit (MRT), Monorel, dan kereta ekspres Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki titik temu di Stasiun Dukuh Atas.

Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ini diperkirakan menelan Rp 56 triliun dengan jangka waktu pembangunan tujuh tahun. Sehingga masyarakat Indonesia bisa menikmati Shinkansen pada 2020. Saat ini tahapan awal pembangunan sudah dimulai, dengan studi kelayakan oleh pihak JICA sendiri.

Jalur kereta api supercepat Jakarta-Bandung nantinya dibangun sepanjang 133 kilometer. Dengan kecepatan kereta yang mencapai 300 km/jam, waktu tempuh diperkirakan hanya 37 menit. Tarif yang dikenakan per penumpang diperkirakan sekitar Rp200 ribu, untuk satu kali perjalanan.

Tarif ini hanya seperlima dibandingkan dengan Jepang, untuk jarak yang sama dari Tokyo menuju Osaka, dengan tarif ditetapkan sebesar 10.000 yen atau Rp 1 juta. Tentu perbedaan tersebut juga melihat tingkat kemakmuran warga Jepang yang jauh di atas Indonesia.

Rencananya, kerja sama pemerintah Indonesia-Jepang ini akan berkembang menjadi rencana jangka panjang. Antara lain proyek kereta api supercepat Jakarta-Surabaya.