Wow! Sarung Tinju Muhammad Ali Laku Rp4,5 M

PinkKorset.com, Cleveland – Sarung tinju Muhammad Ali yang digunakan saat melawan Joe Frazier pada 1971, terjual US$388,375 atau Rp4,5 miliar.

Pada pelelangan di Cleveland, Amerika Serikat, sarung tinju berwarna merah tua itu terjual pada penawar terakhir dengan nominal US$388,37 atau sekitar Rp 4,5 miliar. Identitas pembelinya dirahasiakan.

Pertandingan antara Ali dan Frazier pada 1971 adalah momen olahraga bersejarah. Dijuluki `Fight of the Century`, Frazier ketika itu berhasil menaklukkan Ali dan menjadi juara tinju kelas berat dunia.

Namun, mereka masih bertemu dalam dua laga selanjutnya, yakni pada 1974 dan 1975. Di sini, Ali menundukkan Frazier sekaligus menguatkan predikatnya sebagai petinju terbaik sepanjang masa.

Pada masa itu pula, semua gelar lelaki kelahiran Louisville, Kentucky 17 Januari 1942 ini dicopot karena penolakannya masuk wajib militer semasa Perang Vietnam.

Ini bukan sarung tinju pertama Ali yang dilelang. Ia pernah  melelang sarung tinju yang digunakan saat pertama kali memenangi Kejuaraan Dunia. Sarung tinju itu menjadi yang termahal dengan nominal mencapai US$836.500 atau Rp9,8 miliar.