Wow, ‘Wannabe’ Sudah 18 Tahun! [virginrecords]

Wow, ‘Wannabe’ Sudah 18 Tahun!

PinkKorset.com – Single yang melambungkan girl band asal Inggris, Spice Girls ini, sudah berusia 18 tahun. Wow!

Anda yang pernah menjadi penggemar Spice Girls, tak terasa lagu yang membuat mereka terkenal ini dirilis 18 tahun lalu. Tepatnya pada 8 Juli 1996, via label Virgin. Lagu catchy tersebut bagian dari album debut bertajuk ‘Spice’.

Irama uptempo lagu pop dance dan rap ini sangat asyik untuk diikuti. Lima personilnya tak hanya piawai menulis lagu ini, meski mendapat bantuan dari penulis lagu kelas dunia macam Matt Rowe dan Richard Stannard.

Berkat ‘Wannabe’, Melanie Brown (Scary Spice), Melanie Chisholm (Sporty Spice), Emma Bunton (Baby Spice), Geri Halliwell (Ginger Spice), dan Victoria Beckham (Posh Spice) meraih sukses besar serta diidolakan.

Setelah dirilis, ‘Wannabe’ memuncaki tangga-tangga lagu Inggris selama tujuh pekan, menerika sertifikasi platinum dari British Phonography Industry (BPI). Januari 1997, lagu ini masuk ke Amerika dan berada di puncak Billboard 100 selama sebulan.

Pada saat bersamaan, ‘Wannabe’ juga di puncak tangga lagu di 22 negara. Tiga bulan kemudian, nomor satu di 31 negara. Single ini pula yang menjadi best-selling Spice Girls. Total, tujuh juta kopi di seluruh dunia.

Hebatnya, hanya butuh 30 menit untuk menulisnya karena mereka sudah memikirkan beberapa bagiannya. Mel B dan Emma mengidekan rap di bagian akhir. Spice Girls pula yang memikirkan catchphrase terkenal, ‘zig-a-zig-ah’.

“Tahu kan saat Anda berada dalam gang, tertawa bersama dan membuat kata-kata konyol? Kami tertawa-tawa dan membuat kata konyol itu. Saat di studio, jadilah sebuah lagu,” kata Mel C.

Tak hanya itu, jika lagu lain butuh dua-tiga hari untuk merekam, ‘Wannabe’ tak sampai sejam! Malam dikerjakan dan Rowe harus begadang, tapi paginya sudah kelar. Dan itulah sejarah salah satu lagu terkenal dalam kultur pop dunia.

If you wannabe my lover, you gotta get with my friends. Make it last forever, friendship never ends! Sungguh, sebuah cerminan girl power, kampanya yang kerap mereka usung.