Yoghurt, Si Asam Segar Kaya Manfaat [photodictionary]

Yoghurt, Si Asam Segar Kaya Manfaat

PinkKorset.com, Jakarta – Tak hanya memanjakan lidah, yoghurt juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Prof. Dr. Hardiansyah, MS, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekonomi Manusia IPB mengatakan, yoghurt yang ditambahkan bakteri hidup yang baik, seperti Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus thermopilus, Lactobaciluss acidophilus dan Bifidobacterium, berdampak positif bagi kesehatan.

“Bakteri baik yang bersifat membentuk asam laktat sudah terbukti membuat pencernaan menjadi lebih baik dalam 10 – 15 tahun belakangan ini,” ujarnya dalam acara Media Gathering ‘Puasa Sehat Bersama Yogurt Cimory’, pekan lalu di Cimory Riverside Puncak, Jawa Barat.

Saluran pencernaan yang bagus dapat mengoptimalkan proses pencernaan dan penyerapan zat gizi di dalam tubuh. Ini juga dapat membantu memperlancar proses buang air besar sehingga Anda akan terhindar dari gangguan sembelit.

Selain dampak tersebut, bakteri baik dalam yoghurt, diketahui mampu meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa terjadi karena adanya keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri jahat yang merugikan kesehatan di dalam tubuh Anda.

“Di dalam tubuh terdapat banyak bakteri jahat. Oleh karena itu dibutuhkan tambahan bakteri baik untuk menjaga keseimbangan yang nantinya dapat meningkatkan imunitas di tubuh,” ucapnya.

Saat imunitas tubuh meningkat, maka metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan secara perlahan, kadar kolesterol dalam tubuh seseorang menjadi normal.

Kabar baiknya bagi perempuan, bakteri baik di dalam yoghurt terutama yang dimiliki oleh Lactobaciluss acidophilus mampu menghambat pertumbuhan jamur candida yang menimbulkan terjadinya keputihan.

Keputihan terjadi karena pH atau derajat keasaman vagina terlalu tinggi (diatas empat) sehingga membuat jamur candida berkembang di dalamnya. Sehingga, dibutuhkan bakteri baik Lactobaciluss acidophilus yang ditambahkan ke dalam yoghurt untuk menurunkan pH atau derajat keasaman vagina.

Tak hanya itu, bakteri baik di dalam yoghurt juga rupanya mampu menurunkan pH di dalam mulut, sehingga Anda akan terbebas dari bau mulut yang mengganggu.