Yuk, Berwisata Ke Istana Bogor [istana bogor]

Yuk, Berwisata Ke Istana Bogor

PinkKorset.com, Bogor – Bila Anda belum pernah berkunjung ke istana kepresidenan yang terletak di Bogor, inilah saat yang tepat.

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan faunanya.

Salah satunya adalah keberadaan rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.

Saat ini, Istana Bogor kembali dibuka untuk memperingati Hari Jadi Bogor ke-532.

Dalam gelaran tahunan ke-12 yang bertajuk ‘Istana Untuk Rakyat’ (sebelumnya Istana Open), pengunjung akan dibawa berkeliling Istana Bogor, melihat setiap sudut sejarah di dalam istana, dan koleksi-koleksi benda-benda bersejarah yang ada di dalamnya.

Pengunjung diharapkan mendapatkan pesan nasionalisme, aspek pejuangan, nilai-nilai kebangsaan, terdapat peristiwa penting nasional maupun dunia yang terjadi di Istana Bogor.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Sri Herlina Nasution menuturkan, Istana Untuk rakyat dibuka selama lima hari mulai dari 9 Juni sampai 12 Juni, lalu dilanjut 14 Juni,” ujarnya di Bogor, Senin (9/6/2014).

Meski gratis, para pengunjung diharapkan mengikuti persyaratan yang telah ditentukan, yakni tidak memakai celana jins, kaos oblong dan sandal jepit. “Pengunjung diharapkan berpakaian rapi, menggunakan celana bahan, baju kemeja atau batik. Tidak diperkenankan membawa tas ransel atau tas ukuran besar, serta membawa makanan,” ujar Herlina.

Meski baru dibuka tanggal 9 Juni, namun pendaftaran Istana Untuk Rakyat telah dibuka sejak 2 Juni lalu. “Pendaftaran bisa dilakukan secara on-line melalui website Istana Untuk Rakyat, atau datang langsung ke loket pendaftaran,” ujar Herlina.

Pendaftaran bisa dilakukan di tiga lokasi, yakni halaman Gedung Kemuning Gading, Jalan Kapten Muslihat atau belakang gedung DPRD Kota Bogor, di Gedung Graha Pena, Jalan KH Abdullah Bin Muhammad Nuh Nomor 30, dan Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Jalan Pandu Raya Nomor 45 Bantar Jati Bogor.

Sejak pendaftaran dibuka, sebanyak 20.000 pengunjung dari berbagai daerah di wilayah Bogor maupun luar Bogor telah mendaftarkan diri. Diperkirakan jumlah akan meningkat seiring masih terbukanya pendaftaran hingga lima hari ke depan.