Yuk, Cegah Kanker Payudara dengan SADARI [google]

Yuk, Cegah Kanker Payudara dengan SADARI

PinkKorset.com, Jakarta – Pencegahan kanker payudara yang merupakan momok bagi perempuan, bisa Anda lakukan sendiri dengan menggunakan cara-cara sederhana.

Kampanye SADARI (pemerikSAan payuDAra sendiRI) yang digagas Yayasan Kanker Indonesia cabang DKI Jakarta bekerja sama dengan Roche Indonesia, diluncurkan guna mencegah kematian akibat kanker payudara melalui upaya ini.

Seperti diungkapkan Dr. Walta Gautama, Sp.B (K) Onk, Kepala Instalasi Deteksi Dini dan Onkologi Sosial Rumah Sakit Kanker Dharmais, kanker payudara menjadi salah satu kasus terbanyak dan berisiko menyebabkan kematian.

“Selama ini, pasien yang datang untuk melakukan pemeriksaan payudara, cenderung terlambat dan sudah masuk ke stadium tinggi,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Untuk itulah diperlukan pendeteksian lebih cepat agar mengurangi jumlah kematian akibat kanker payudara seperti kampanye SADARI ini. Menurut Dr. Walta, SADARI berfungsi sebagai screening sekaligus pendeteksi dini.

“Harus dibedakan antara screening dengan deteksi dini,” katanya.

Screening ketika seseorang tak ada keluhan namun ingin tahu kondisi payudara dan memeriksakannya. Deteksi dini terjadi ketika dia ada keluhan atau merasa aneh dan memerisakannya. Sehingga, kelainan terdeteksi sejak dini.

Sementara DETEKSI, merupakan gabungan keduanya. Jika belum merasakan apa-apa maka namanya screening. Jika sudah menemukan, maka namanya deteksi dini.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia cabang DKI Jakarta Veronica Tan Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan, SADARI ini menjadi langkah awal untuk mendorong tumbuhnya kesadaran di masyarakat.

“Harus ada upaya semua pihak untuk terus menerus bekerja sama mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk secara mandiri melakukan pemeriksaan sederhana dengan SADARI sebagai langkah awal,” ujarnya dalam siaran pers.

Penggas meminta masyarakat melakukan kegiatan ini setiap sebulan hingga tiga bulan sekali, dilakukan pada hari ketujuh hingga kesepuluh setelah hari pertama menstruasi.

“Setiap bulan bisa ia lakukan sendiri sehingga akhirnya kanker payudara bisa terdeteksi lebih awal,” tutur Dr. Walta. Berikut kegiatan SADARI yang bisa Anda lakukan.