10 Kesalahan Saat Wawancara Kerja [popsugar]

10 Kesalahan Saat Wawancara Kerja

PinkKorset.com – Mendambakan perkerjaan yang sesuai tentu keinginan bagi setiap pekerja. Agar wawancara berjalan mulus sebaiknya hindari hal-hal berikut ini.

Proses wawancara kerja bisa menjadi bagian penting yang menentukan Anda akan diterima atau ditolak. Ada hal-hal sederhana yang tidak disadari pelamar kerja dan membuat mereka gagal dalam proses wawancara kerja.

Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

Jabat Tangan Lemas

Kekuatan dalam berjabat tangan mengindikasikan apakah seseorang rapuh atau percaya diri.

Mengunyah Permen Karet

Pelamar kerja yang mengunyah permen karet selama wawancara akan menurunkan peluang untuk diterima kerja, sekalipun mereka dari kalangan berpengalaman atau profesional.

Busana Berlebihan

Menggunakan sepatu datar, sepatu high heels, bulu mata palsu dan pakaian yang tidak biasa memberikan kesan kurang baik.

Riwayat Kerja

Penguasah memahami para pekerja yang memiliki kesenjangan, khususnya dalam hal keuangan. Namun beberapa pelamar kerja justru berkomentar riwayat kerja sebelumnya yang seolah mereka adalah karyawan yang kurang diinginkan perusahaan.

Penampilan Salah

Kesan buruk acap kali dilakukan pelamar kerja dengan menaruh tas di atas pangkuan mereka saat wawancara.

Kesalahan Ejaan CV

Kesalahan pada ejaan di CV merupakan salah satu kesalahan fatal yang tidak bisa ditoleransi.

Menjawab Telepon

Menerima panggilan telepon atau pun memberiarkannya berdering adalah kesalahan yang harus dihindarkan saat wawancara kerja. Ini adalah kesalahan pelamar kerja yang paling serius.

Bahasa Tubuh yang Buruk

Postur dan bahasa tubuh memiliki penilaian besar oleh pewawancara. Hal ini menggambarkan kemampuan Anda, kepercayaan diri dan kompetensi.

Komentar yang Tidak Biasa

Saat wawancara kerja sebaiknya Anda menjawab pertanyaan seperlunya dan tidak berkomentar hal yang tidak perlu. Bertuturlah dengan sopan. Hindari penggunaan bahasa gaul atau terlalu santai, seperti loe dan gue, ketika berbicara dengan pewawancara.

Perilaku Kasar

Sikap buruk pelamar dengan tindakan verbal maupun fisik menjadi poin penting yang menjatuhkan Anda pada posisi ditolak.