2030, RI Capai Ekonomi ke-7 Dunia [silvioktaviani10]

2030, RI Capai Ekonomi ke-7 Dunia

PinkKorset.com, Jakarta –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis, Indonesia akan menjadi ekonomi terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2030.

Menurut Jokowi, saat ini dengan jumlah masyarakat kelas menengah yang mencapai 45 juta dan 55 juta tenaga terampil, bahkan didukung dengan stabilitas makro, ekonomi Indonesia masuk dalam posisi ke-25 dunia. Nantinya ekonomi Indonesia akan masuk ke level 16 besar dunia dengan bonus demografi.

“Dan perkiraan ekonom-ekonom dunia dan dalam negeri, Indonesia akan menjadi ekonomi terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2030,” ujarnya kepada ratusan siswa SMA Taruna Nusantara di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Capaian Indonesia menjadi salah satu ekonomi terbesar ke-7 dunia akan dibuktikan dengan pertumbuhan masyarakat kelas menengah yang sebesar 135 juta ditambah 113 juta tenaga terampil.

“Ini kekuatan, ini landasan kita untuk tetap optimis meskipun kita tahu ada tekanan dolar AS ke Rupiah, global yang berkaitan dengan ekonomi,” paparnya.

Untuk mencapai hal tersebut, tantangannya tidak bisa dikatakan kecil. Seperti adanya 28 juta penduduk miskin, 7,2 juta orang pengangguran. “Tetapi kalau ekonomi naik 5,7 persen tahun ini, tahun depan bisa 6 persen,” ungkapnya.

Dibandingkan negara ASEAN lainnya, Indonesia masih cukup tertinggal dalam penanganan kemiskinan dan korupsi.

“Kemiskinan, korupsi, posisi kita masih ada di sini di ASEAN kalah dengan Singapura, Filipina, Thailand, ini tugas berat. Tapi kita harus yakini kita mampu atas hal itu,”ujarnya.