5 Cara Sembunyikan Uban [grayhair]

5 Cara Sembunyikan Uban

PinkKorset.com – Seiring bertambahnya usia, uban biasanya muncul menghiasi mahkota Anda.

Meski identik dengan penuaan, uban sebenarnya juga kerap muncul karena faktor genetik atau gaya hidup. Misalka saja stres, pola makan yang tidak sehat, atau terlalu sering mengaplikasikan produk berbahan kimia ke rambut.

Untuk mencegah rambut beruban, Anda bisa mulai memperbaiki gaya hidup Anda sejak sekarang. Sedangkan bagi yang sudah beruban, ada beberapa cara praktis yang bisa menyembunyikan rambut memutih Anda.

Seperti apa?

Mewarnai rambut

Ya. Mewarnai rambut memang cara mudah untuk menyembunyikan uban. Namun, mengingat banyaknya bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut, seimbangkan dengan merawat dan menutrisi pada rambut. Gunakan sampo khusus untuk rambut berwarna. Atau gunakan masker rambut dari bahan alami untuk menyehatkan kembali rambut dan kulit kepala.

Mewarnai rambut dengan Henna

Henna ternyata merupakan salah satu pewarna rambut alami dengan kandungan nutrisi untuk rambut. Rendam bubuk Henna semalaman. Campurkan dengan telur dan minyak rambut di pagi hari lalu oleskan pada rambut. Setelah mengering, bilas hingga bersih.

Teh Hitam

Teh hitam memiliki kandungan warna yang cukup kuat sehingga bisa digunakan untuk menyamarkan putihnya uban. Buat teh yang sangat kental dan biarkan dulu dingin.  Terapkan pada rambut dan biarkan selama setengah jam, sebelum dibilas dengan air dingin. Pewarnaan ini tidak begitu bertahan lama, namun teh hitam berkhasiat sebagai conditioner alami untuk memperbaiki rambut.

Kopi

Pewarnaan rambut dengan kopu cenderung betahan lebih lama dibandingkan dengan teh. Semakin pekat kopi atau dicampurkan dengan pacar, semakin gelap pula warna yang dihasilkan.

Daun kari dan lemon

Kombinasi daun kari dan lemon juga bermanfaaat untuk mewarnai rambut. Pertama, rebus daun kari dengan minyak kelapa. Campurannya yang masih hangat disimpan dalam botol. Ambil seperlunya dan tambahkan 2-3 sendok teh perasan lemon. Oleskan pada rambut dan biarkan selama kurang lebih satu jam, lalu cuci hingga bersih.