Apakah Hollywood Sumber Pendapatan Amerika? [google]

Apakah Hollywood Sumber Pendapatan Amerika?

PinkKorset.com – Melihat banyaknya film yang dirilis setiap tahun dan beberapa diantaranya mengeruk miliaran dolar, apakah Hollywood sumber pendapatan utama Amerika Serikat (AS)?

Hollywood menghasilkan banyak dolar untuk Amerika. Pada 2013 saja, terhitung pusat industri film dan seni tersebut menghasilkan pemasukan sebesar US$504 miliar.

Menurut pemerintah AS, pada 2013, jumlah itu hanyalah 3,2% dari seluruh produk domestik bruto (PDB) Amerika.

Perlu diketahui bahwa Hollywood juga butuh menggelontorkan dana untuk riset dan pengembangan, tenaga kerja, iklan, edukasi, serta berbagai layanan.

Pada 2011, diperkirakan jumlah uang yang dikeluarkan Hollywood untuk berbagai kebutuhan tersebut mencapai US$916 miliar.

Di era digital, jumlah itu tentunya makin bertambah karena pengembangan teknologi membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Namun begitu, ada kemungkinan jumlah perolehan Hollywood tahun ini bertambah. Terutama di musim panas yang juga musim rilis film-film komersial.

Misalnya saja Jurassic World yang telah menempatkan dirinya di urutan ketiga film terlaris sepanjang masa.

Sekuel keempat Jurassic Park ini mengeruk US$1,5 miliar lebih dari Amerika Utara dan seluruh dunia dalam delapan pekan.

Adapun film terlaris sepanjang masa adalah Avatar (2009) dengan US$2,7 miliar dan posisi kedua adalah Titanic (1997) dengan US$2,1 miliar.

Dari sisi tenaga kerja, Hollywood dan industri video memang yang terbanyak. Yakni, per 2013, 310 ribu pekerja dan US$25 juta kompensasi. Total, ada dua juta orang AS bekerja di industri kreatif mereka.

Secara keseluruhan, per data 2011, pemasukan terbesar AS berasal dari sektor jasa (80%), industri (19%), dan pertanian (1,2%). Sektor jasa menurut AS sangat luas, diantaranya melibatkan pemasaran hingga merchandise dan banyak lagi.