ASI Kurangi Risiko Kanker Payudara [theasianparents]

ASI Kurangi Risiko Kanker Payudara

PinkKorset.com – Kabar gembira muncul dari hasil sebuah studi yang mengungkap, menyusui anak ternyata mengurangi potensi risiko mengidap kanker payudara. Benarkah?

Studi ini juga mengungkapkan, menyusui anak akan mengurangi potensi terkena penyakit kanker untuk kedua kalinya hingga 30%.

Para ahli meyakini, memberi ASI pada bayi mengurangi level hormon estrogen yang menjadi pemicu penyakit kanker.

Meski menyusui anak akan mengurangi penyakit kanker payudara, studi ini mempertegas bahwa menyusui anak akan mengurrangi potensi kanker payudara jika kambuh lagi.

Inggris menjadi negara dengan tingkat menyusui anak paling rendah di Eropa, yaitu satu banding seratus ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dalam enam bulan pertama kelahiran.

Semantara peneliti asal Amerika Serikat (AS) melakukan studi 1.636 orang wanita yang menderita kanker payudara dengan memberikan pertanyaan, khususnya pertanyaan mengenai pengalaman memberikan ASI eksklusif kepada anak mereka sebelumnya.

Hasil penelitian tesebut menyebutkan, menyusui anak melindungi sang ibu dari tipe kanker payudara tipe A.

Hasil ini akan berpengaruh terhadap 40% dari 50.500 kasus kanker payudara yang baru setiap tahunnya di Inggris.

Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal National Cancer Institute. Studi ini juga menyimpulkan, seorang ibu hendaknya memberikan ASI eksklusif terhadap anaknya sekurangnya enam bulan untuk mencegah kanker payudara di masa yang akan datang.