Asteroid Bernama Malala Yousafzai

Ya. Badan Antariksa AS NASA menyematkan nama Malala Yousafzai untuk asteroid dengan luas empat kilometer dan berwarna hitam. Terletak di sabuk asteroid utama antara Mars dan Yupiter, asteroid Malala yang ditemukan pada 2010 silam ini, mengelilingi matahari setiap lima setengah tahun.

Penamaan tersebut diusulkan oleh penemu batu angkasa tersebut. Amy Mainzer dari NASA. Dalam peraturan Persatuan Astronomi Internasional, Amy berhak memberi nama asteroid yang sebelumnya dikenal dengan nama 316201.

[croosmap]

[croosmap]

Adapun Malala Yousafzai adalah aktivis remaja pemenang Nobel Perdamaian yang berkampanye tentang pendidikan dan hak perempuan di Pakistan.

Ia sempat ditembak oleh Taliban saat menumpang bus sekolah di Bukit Swat, Pakistan. Namun ia telah pulih setelah menjalani perawatan di Inggris.

Dalam Blog Yayasan Malala, Amy menulis bahwa ia ingin langkah ini dapat memberikan inspirasi kepada perempuan muda. “Kami sangat membutuhkan kekuatan otak dari orang-orang cerdas untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan yang sangat rumit”.