Bank-bank BUMN Akan Satukan ATM [PP]

Bank-bank BUMN Akan Satukan ATM

PinkKorset.com, Jakarta – Perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggabungkan ATM dengan nama ATM Link.

Rencananya, Juni 2015, akan ada uji coba atau pilot project ATM Link.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Asmawi Syam mengatakan, penggabungan ATM BUMN ini bertujuan untuk mempermudah transaksi nasabah.

“Penggabungan ini tujuannya memberikan layanan kepada masyarakat. Sekarang ini di satu tempat ada ATM 4 bank BUMN numpuk, tapi di tempat lain, mungkin nggak ada, jadi ini terkait dengan sebaran,” ujarnya di Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Selain itu, merger ATM ini juga memberikan efisiensi kepada perbankan terkait. Pasalnya, perbankan tidak perlu mengeluarkan investasi lebih banyak untuk membangun ATM-ATM baru. “Jadi jika ada bank BUMN butuh ATM, nggak usah bikin atau beli relokasi saja dulu,”katanya.

Realisasinya pun tidak perlu menunggu kartu ATM terintegrasi dengan chip seperti yang telah dicanangkan sebelumnya. Asmawi pun berharap pengoperasian ATM gabungan tersebut bisa beroperasi tahun ini.

ATM Link ini nantinya akan disebar tidak hanya di Jawa namun juga luar pulau Jawa.

“Kita masih mendata jumlah masing-masing ATM semua bank dan sebarannya seperti apa, misal BRI di Jakarta berapa, di luar Jawa seperti apa, berapa banyak,”katanya.