Bridge of Spies, Negosiator Ulung di Era Spionase [disney]

Bridge of Spies, Negosiator Ulung di Era Spionase

PinkKorset.com, Jakarta – Pengacara asuransi ini dihadapkan pada masalah serius dan rumit di era spionase ketika Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet sedang Perang Dingin.

Pada 1960, pernah terjadi sebuah peristiwa yang menggemparkan dan dikenal sebagai Insiden U-2. Ketika itu, pesawat mata-mata U-2 milik Amerika Serikat (AS) ditembak jatuh oleh pangkalan udara Uni Soviet.

Kedua negara ini kemudian menyepakati pertukaran tawanan perang. Konflik inilah yang diangkat ke layar lebar melalui film Bridge of Spies. Produser sekaligus sutradaranya, Steven Spielberg, meracik kisah nyata tersebut secara apik.

Pengacara asuransi bernama James B. Donovan (Tom Hanks) ditugaskan membela klien yang diduga mata-mata Uni Soviet, Rudolph Abel (Mark Rylance). FBI menuding Abel anggota KGB, badan spionase Soviet (kini Rusia).

Donovan yang biasanya percaya diri dan cukup jago, kali ini pesimistis. Ia khawatir dan bingung, bagaimana membela warna negara yang berseteru dengan negaranya. Banyak yang menentang Donovan.

Mulai dari istrinya, McKenna Donovan (Amy Ryan), tiga anak mereka, hingga seluruh warga AS. Donovan tetap menerima tugas membela Abel, berusaha menyelamatkannya dari hukuman mati.

Sementara pesawat U-2 tertangkap basah sedeng memotret wilayah Uni Soviet dan ditembak jatuh. Pilotnya, Gary Powers (Austin Stowell) selamat dan tertangkap Uni Soviet. Ini artinya, masing-masing negara punya satu tawanan perang.

Belum selesai urusan ini, mahasiswa AS bernama Frederic Pryor tertangkap militer Jerman Timur karena diduga bekerja sebagai mata-mata Jerman Barat. Tugas Donovan kian berat.

Ia mengusulkan penukaran antara Abel dengan Powers dan Pryor. Sukseskah upaya pengacara yang hanya warga sipil ini menuntaskan tugasnya?

Steven Spielberg adalah salah satu sutradara yang tidak setengah-setengah dalam berkarya. Suasana malam hari bersalju serta efek visual kebiruan, membawa Anda kembali ke era Perang Dingin.

Apalagi, penulis skenarionya sekelas Ethan dan Joel Coen yang sukses menyuguhkan kisah-kisah kuat seperti The Big Lebowski (1998), The Man Who Wasn’t There (2001), No Country for Old Men (2007), Burn After Reading (2008), dan Unbroken (2014).

Alur ceritanya rapi, meski berat karena dibayang-bayangi peristiwa sesungguhnya yang tercatat dalam sejarah. Anda penggemar drama sejarah yang menegangkan, jangan lewatkan film ini di bioskop kesayangan.

Bridge of Spies

Sutradara: Steven Spielberg

Produser: Steven Spielberg, Marc Platt, Kristie Macosko Krieger

Skenario: Matt Charman, Ethan Coen, Joel Coen

Pemain: Tom Hanks, Mark Rylance, Amy Ryan, Alan Alda

Produksi: Touchstone Pictures, DreamWorks Pictures, Fox 2000 Pictures, Reliance Entertainment, Participant Media, TSG Entertainment, Afterworks Limited, Studio Babelsberg, Amblin Entertainment, Marc Platt Productions

Distributor: Walt Disney Studios, Motion Pictures, 20th Century Fox