Bursa Kerja Diserbu Puluhan Ribu Pelamar [Pinkkorset/Hawkeye]

Bursa Kerja Diserbu Puluhan Ribu Pelamar

PinkKorset.com, Jakarta – Jakarta Spectacular “Job For Career” 2015 dikunjungi 21.000 pelamar kerja yang didominasi fresh graduate.

Hanya berlangsung dua hari, 6-7 Januari 2015, Jakarta Spectacular “Job For Career” 2015 di Istora Senayan, sudah menghipnotis 21.000 pemburu kerja dari Jabodetabek.

Sekitar 70-an perusahaan turut meramaikan bursa kerja tahun ini. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak diberbagai bidang, seperti perbankan, manufaktur, restoran, media televisi, otomotif, telekomunikasi dan kecantikan.

“Bursa kerja ini didominasi perusahaan besar lokal, seperti Indofood, Orang Tua, Bank Danamon dan Bank Mandiri,” ujar Hermawan, juru bicara jobforcareer.com.

Menurutnya, puluhan ribu pelamar kerja yang datang didominasi lulusan baru (fresh graduate), sekitar 70% dari total pengunjung. Meskipun ada juga yang merupakan lulusan sekolah menengah atas.

“Banyak lulusan SMA yang telepon kepada kami untuk mencari kerja. Saya sarankan untuk masuk Alfamart atau Indomart,” katanya.

Membludaknya jumlah pelamar tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang tersedia. Alhasil, peluang penerimaan calon pekerja pun kecil. “Menurut HRD beberapa perusahaan, pelamar yang diterima hanya 20% dari total jumlah pelamar bursa kerja,” ujarnya.