Cara Sehat Kendalikan Gula Darah [exoertbeacon]

Cara Sehat Kendalikan Gula Darah

PinkKorset.com, Jakarta – Orang dengan diabetes harus mengontrol gula darah. Beberapa langkah ini sehat ini bisa menjadi solusi hidup berkualitas.

Hingga saat ini, para ahli masih mencari obat yang bisa menyembuhkan diabetes secara total. Meski begitu, pengidap diabetes dapat hidup secara normal dan berkualitas.

Gula darah dapat dikontrol menggunakan obat maupun terapi insulin. Namun, cara ini menguras kantong. Kuncinya adalah gaya hidup sehat, makan makanan sehat terkontrol dan rutin berolah raga sudah cukup.

“Dengan begitu, mungkin Anda tidak perlu datang ke dokter untuk berobat,” kata Dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD-KEMD, FINASIM, ahli penyakit dalam dan konsultan endokrin RSCM.

Lelaki yang akrab dipanggil Dokter TJ ini memberikan kiat sehat bagi pasien diabetes maupun pre-diabetes.

Jasmani

Latihan jasmani teratur 3-5 hari seminggu dan masing-masing latihan selama 30-45 menit. Latihan dapat berupa aerobik dengan intensitas sedang (maksimal denyut jantung 50-70%).

Denyut jantung maksimal dihitung dengan cara mengurangi nilai 220 dikurangi usia pasien. Selain itu, latihan jasmani lainnya, jalan cepat, bersepeda santai, jogging dan berenang.

Periksa glukosa darah (GD) sebelum latihan. GD <100 mg/dL harus mengonsumsi karbohidrat terlebih dahulu. Sementara GD>250 mg/dL harus menunda latihan.

“Latihan harus disiplin tidak boleh bolong-bolong. Tapi, intensitas bisa dikurangi bagi pasien yang sudah komplikasi,” kata dr. TJ, panggilan akrabnya.

Nutrisi

Pemenuhan gizi karbohidrat, protein, dan lemak harus tepat. Konsumsi karbohidrat cukup 45-65% total asupan energi. Makanan karbohidrat harus berserat tinggi dan pembatasan karbohidrat total <130 g/hari tidak dianjurkan.

Gula sukrosa tidak boleh lebih dari 5% dari total asupan energi. Pemanis sintetis boleh menggantikan gula selama tidak melebihi batas aman konsumsi. Pola makan tiga kali sehari tetap dianjurkan dengan makanan selingan berupa buah.

Sementara asupan lemak hanya 20-25% dari kebutuhan kalori. Konsumsi kolesterol tidak lebih dari 200 mg/hari. Sedangkan protein hanya boleh dikonsumsi 10-20% dari total asupan energi.

Kebutuhan kalori 25-30 kal/kgBB (berat badan) ideal dan tergantung jenis kelamin, usia, aktivitas, BB, dll. Menghitung berat badan ideal = 90% x (Tinggi Badan (cm) – 100) x 1 kg.

“Yang terpenting ingat 3J, jumlah, jenis dan jadwal makan,” katanya. Batas jumlah kalori pada perempuan yakni 25 Kal x BB dan laki-laki 30 Kal x BB.

Jenis makanan tinggi serat dan rendah gula (karbohidrat sederhana) diutamakan. Jadwal makan dibagi menjadi enam kali sehari, yakni 3 makanan utama dan 3 makanan selingan (snack).

Swa Monitoring Gula Darah

Mengecek gula darah sendiri menjadi pelengkap dari rangkaian hidup sehat pasien diabetes.

Pemeriksaan gula darah mandiri dapat menggunakan alat cek sampel darah. Alat ini dijual bebas dan bentuknya ringkas serta portabel.

“Pemeriksaan gula darah secara mandiri harus dilakukan dengan terstruktur. Sesuai dengan situasi dan frekuensi yang benar,” ucap dr. TJ.

Proses ini membantu pasien mengontrol gula darah dan membantu dokter menyesuaikan terapi.