Dengarkan Musik Saat Operasi, Cepat Sembuh? [gazettereview]

Dengarkan Musik Saat Operasi, Cepat Sembuh?

PinkKorset.com – Mendengarkan musik sebelum, pada saat, dan setelah proses bedah terbukti mengurangi rasa sakit pasien. Benarkah?

Bahkan, mendengarkan musik saat operasi juga mempercepat penyembuhan. Hal ini terungkap dalam sebuah studi yang dipublikasikan beberapa hari lalu.

Setelah mendapatkan data dari 7.000 pasien, para ahli mengatakan pasien yang baru selesai melaksanakan proses bedah bebas untuk memilih musik yang mereka ingin dengarkan.

Akan tetapi, jenis musik yang akan diputar tak boleh mengganggu komunikasi tim medis yang melakukan pekerjaannya saat proses bedah berlangsung.

“Musik adalah sarana aman, dan murah sehingga seharusnya tersedia bagi siapa saja yang akan menjalani proses bedah,” ujar Catherine Meads dari Universitas Brunel University, yang memimpin studi ini.

Tim studi ini melakukan analisis secara mendalam dari percobaan di beberapa proses bedah dengan membandingkan proses bedah yang memutar musik selama proses bedah dengan peralatan standar medis.

Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Lance ini menemukan, pasien tidak khawatir dengan proses operasi dan lebuh bahagia setelah mendengarkan musik. Mereka juga merasa lebih baik pascabedah.

Studi ini juga menemukan, ada kecenderungan untuk hasil yang lebih baik jika pasien mendengarkan musik sebelum operasi ketimbang selama atau setelah operasi.

Dan ketika pasien memilih musik mereka sendiri, ada penurunan sedikit lebih besar rasa sakit dan nyeri.

“Kita tahu sejak lama, mendengarkan musik memiliki dampak positif pada pasien selama operasi. Mereka merasa lebih tenang dan mengurangi rasa sakit,” kata Martin Hirsch dari Universitas Queen Mary, di London, Inggris, yang ikut memimpin studi.

Paul Glasziou dari Universitas Australia menulis dalam komentar di Jurnal Lancet, musik adalah intervensi sederhana dan murah. “Obat dengan efek yang sama mungkin menghasilkan pemasaran yang cukup besar.”

Tim studi saat ini berencana menindaklanjuti dengan skema percontohan memperkenalkan musik di Rumah Sakit Royal London untuk perempuan yang akan melaksanakan proses persalinan bedah caesar.