Duh, Perempuan Kalah Kreatif? [businessconnections.standard.co.uk]

Duh, Perempuan Kalah Kreatif?

PinkKorset.com – Sebuah penelitian menunjukkan, laki-laki ternyata lebih kreatif ketimbang perempuan. Duh, masa sih?

Sebuah studi berseri yang dilakukan peneliti Duke University menyebutkan, lelaki ternyata lebih kreatif ketimbang perempuan saat keduanya memiliki kemampuan kerja yang sama.

Studi ini mengungkap, orang-orang mengasosiasikan kreativitas dengan kualitas ‘maskulin’ seperti mengambil risiko dan berjiwa petualang. Ini alasan, lanjut studi ini, mengapa lelaki lebih cepat mendapatkan promosi pekerjaan.

“Penelitian kami menunjukkan, pengorbanan yang dilakukan untuk berpikir kreatif secara substansial mengalahkan keunikan dari stereotip lelaki,” ujar pemimpin penelitian, Devon Proudfoot.

Proudfoot dan timnya, yakni Aaron Kay dan Christy Zoval, menyimpulkan, hasil penelitian ini dapat memberikan pemikiran yang luas mengenai cara pandang tentang kreativitas pria dibandingkan perempuan.

Studi ini dilakukan secara online dengan 80 partisipan yang diminta menyebutkan ‘kreativitas’ mereka. Diantaranya seperti berpikir ‘outside of the box’, dan kemampuan menyatukan beberapa titik.

Partisipan kemudian dibuatkan ranking dengan 16 jenis kepribadian berdasarkan kreativitasnya masing-masing.

Di studi online kedua, Proudfoot secara acak memilih 169 partisipan untuk membaca apakah yang bersangkutan masuk kategori arsitek atau desainer pakaian.

Partisipan diberikan tiga gambar yang berbeda untuk mengidentifikasi kreativitas, orisinalitas, dan pemikiran out of the box.

Hasilnya, arsitek lelaki lebih kreatif dibandingkan perempuan.

“Hasil penelitian ini menunjukkan, bias gender dalam penilaian kreativitas dapat mempengaruhi hasil ekonomi yang nyata bagi laki-laki dan perempuan di tempat kerja,” ujar Proudfoot.