Empat Mitos Tentang Rambut [greatlengthshair]

Empat Mitos Tentang Rambut

PinkKorset.com – Siapa yang tidak ingin memiliki rambut sehat, indah dan bercahaya? Sayangnya, beberapa hal yang diketahui mengenai rambut ternyata merupakan mitos.

Mengikuti mitos yang belum diketahui kebenarannya bisa membuat rambut Anda mengalami kerontokan hingga rusak.

Fakta-fakta penting pun perlu diketahui. Apa saja?

Mitos 1: rambut akan tumbuh lebih cepat kalau rutin dipotong

Fakta: Rambut normalnya tumbuh setengah inci atau 1,27 cm dalam satu bulan. Penata rambut selebriti Jae Cardenas dari Sally Hershberger Downtown Salon di New York City mengatakan, menggunting rambut setiap dua minggu sekali tidak akan membantu mempercepat tumbuhnya rambut.

Namun,  Nicole Cichocki, stylist dan pengajar di Bumble and Bumble Salon, New York City menyarankan Anda untuk merapikan rambut secara berkala untuk menjaga keindahannya. “Merapikan ujung-ujung rambut setiap enam hingga delapan minggu sekali akan membantu Anda menjaga bentuk rambut dan mencegah rambut bercabang,” ujarnya.

Untuk rambut panjang lebih cepat, Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan omega 3. Kedua nutrisi tersebut membuat folikel rambut lebih sehat sehingga menghasilkan rambut yang juga kuat dan cepat tumbuhnya.

Mitos 2: Uban akan tumbuh lebih banyak bila dicabuti

Fakta: Mencabuti uban tidak akan membuatnya lebih banyak. Namun, kebiasaan mencabuti uban bisa membuat folikel rambut rusak. Ketika folikel rambut rusak, rambut di tempat yang telah dicabuti tadi bisa tidak tumbuh kembali. Akibatnya, rambut perlahan-lahan mengalami kebotakan.

Mitos 3: pemakaian satu produk terlalu sering, membuat rambut kebal

Fakta: Banyak produk perawatan rambut yang menggunakan silikon dan bahan-bahan kimia lainnya dalam jumlah besar. Pada awal-awal pemakaian, lapisan dari produk tersebut memang membuat rambut terasa lembut dan tampak berkilau. Tapi setelah digunakan berulang-ulang, rambut akan menjadi lemas dan kusam.

Anda disarankan menyelingi pemakaian shampo setiap beberapa pekan sekali, dengan clarifying shampo. Shampo jenis ini membersihkan rambut dari residu dan lapisan-lapisan shampo maupun kondisioner sebelumnya, sehingga siap diberi perawatan selanjutnya. Setelah itu, shampo favorit  Anda bisa digunakan kembali.

Mitos 4: tidur setelah keramas akan membuat rambut rusak

Fakta: Tidak masalah rambut yang masih lembab setelah keramas, dibawa tidur. Cukup keringkan air yang masih menetes pada rambut menggunakan handuk. Jika ingin rambut Anda terasa lembut di saat bangun di keesokan harinya, usapkan kondisioner tanpa bilas dari tengah hingga ujung rambut dan biarkan semalaman. Tapi rambut sebaiknya tidak diikat atau disanggul ketika tidur, karena bisa menyebabkan kerusakan.

Sumber: Women’s Health