Gelang Tiga Warna Simbol Peduli Lingkungan [PinkKorset]

Gelang Tiga Warna Simbol Peduli Lingkungan

PinkKorset.com, Jakarta – Nadine Chandrawinata ajak masyarakat peduli lingkungan melalui gelang tiga warna. Seperti apa?

Salah satu aksi yang sedang gencar dilakukan Nadine Chandrawinata adalah kampanye dengan tagar #seasoldier. Ia bekerjasama dengan beberapa pemerintah daerah untuk mensosialisasikan aksinya.

“Aku gandeng Pemda untuk membuat masyarakat tertarik melakukan kegiatan positif atau menyearkan virus ramah lingkungan. Salah satu caranya adalah membuat gelang bernomor,” ucap Nadine Chandrawinata saat dijumpai dalam acara Panasonic Zoom-In Beauty 3 di Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Gelang ini berupa tiga tali berwarna biru, merah dan putih yang dikepang. “Biru artinya laut, merah dan putih maksudnya Indonesia dan kepang artinya bersatu. Aku harapkan ini untuk Indonesia. Bukan buat kita saja tapi anak-cucu kita,” katanya.

Ia memfokuskan kampanye ini bukan hanya kepada pecinta lingkungan dan masyarakat desa. “Lebih kepada orang-orang perkotaan karena peran kalian dibutuhkan juga,” ucap mantan Puteri Indonesia 2005. Nadine memberikan hal sederhana sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

“Membuang permen karet dan puntung rokok tidak boleh sembarangan. Membawa folding bag sendiri,” ujar Nadine menambahkan.

Saat ini Nadine mengaku baru membuat 100 gelang dan kurang dari setengahnya sudah dibagikan kepada orang-orang yang terpilih.

Nadine bersama tim memilih orang-orang yang peduli lingkungan dan memberikannya gelang. “Dia harus bertanggung jawab  dan buat komunitas yang melakukan kegiatan positif,” ujarnya.

Beberapa dari mereka yang menerima gelag setidaknya memberikan dampak kepada orang-orang sekitarnya untuk peduli dengan lingkungan.

“Mereka melakukan gerakan simpel di rumahnya seperti mematikan AC, menanam pohon dan mengajarkan anaknya. Karena ini akan menjadi trigger bagi orang lain,” katanya sambil menutup pembicaraan.