Green Tea Gingerbread [PinkKorset/Hawkeye]

Green Tea Gingerbread

PinkKorset.com, Jakarta – Kue jahe berwarna hijau, bercitarasa green tea terasa sedap sebagai camilan di kala liburan. Penasaran?

Umumnya gingerbread atau kue jahe berwarna cokelat. walaupun disebut gingerbread, sebenarnya kue ini kategori cookies.

Dengan sedikit kreasi, Anda bisa membuat gingerbread bercitarasa green tea dan berwarna hijau. Selain bentuknya lucu, rasanya pun tak kalah lezat.

Ginger Bread Green Tea

Bahan I

125 g mentega

100 g gula pasir

125 ml sirup jagung

1 kuning telur

Bahan II

375 g terigu serbaguna

1 sdm jahe bubuk

2 sdm bubuk teh hijau

1 sdt soda kue

1 sdt ekstrak vanilla

1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Panaskan oven pada temperatur 180°C.
  2. Gunakan mikser listrik, kocok mentega dan gula halus sampai putih. Tambahkan sirup jagung, masukan telur satu persatu sambil dikocok.
  3. Campur bahan II hingga rata. Masukan bertahap ke dalam adonan mentega. Aduk adonan menggunakan spatula hingga rata.
  4. Bungkus adonan dengan baking paper, simpan di dalam kulkas selama 30 menit.
  5. Keluarkan adonan dan gilas hingga ketebalan ½ cm. Potong adonan dengan cetakan gingerbread. Susun adonan di atas loyang.
  6. Panggang 10 menit hingga matang dan berwana kecokelatan. Angkat dan dinginkan. Hiasi dengan royal icing, biarkan mengeras dan simpan dalam stoples.

Porsi: 36 buah

Tips:

  • Untuk hasil rapi, gunakan dua lembar baking paper untuk menggilas adonan. Baking paper adalah kertas roti berlapis anti lengket yang digunakan untuk alas kue saat memanggang.
  • Adonan kue kering akan mengeluarkan minyak bila suhu ruang terlalu panas. Efeknya yakni kue kering bantat setelah dipanggang. Untuk mencegahnya, simpan adonan di dalam kulkas.
  • Anda bisa menghiasi gingerbread dengan royal icing. Caranya dengan mengocok 185 gr gula halus, 1 putih telur, ¼ cream of tar-tar dan 1 sdt ekstrak vanilla hingga kental.