H&M Punya Model Berhijab Pertama

PinkKorset.com – Muslimah berusia 23 tahun ini menjadi model pertama yang mengenakan hijab dalam iklan H&M. Bagaimana ceritanya?

Mariah Idrissi, perempuan keturunan Pakistan-Maroko yang berdomisili di London, Inggris ini muncul dalam video iklan H&M.

Ia mengenakan hijab kotak-kotak dan kacamata hitam, mengiklankan inisiatif daur ulang yang disebut Close the Loop.

“Rasanya perempuan berhijab diabaikan dalam dunia fesyen. Sebab itu, luar biasa ada merek besar yang menghormati ini,” kata Mariah.

Gadis yang berhijab sejak berusia 17 tahun ini tadinya ragu ketika peritel terbesar kedua dunia ini menawarinya jadi model.

Namun ia menerimanya, setelah mendapat restu kedua orangtua. Mariah bersemangat karena yakin apa yang ia lakukan ini untuk kebaikan.

Suasana pemotretan pun mendukung. Tim pemotretan sebagian besar perempuan dan lelaki sudah diwanti-wanti untuk tidak menyentuhnya.

Mariah juga mendapat ruang ganti khusus yang tertutup. H&M pun banyak bertanya-tanya mengenai ketentuan berhijab.

Saat ini, H&M memang tengah getol berkampanye untuk meminta para konsumen memberikan pakaian bekas untuk dijual kembali atau didaur ulang.

Kampanye H&M ini juga tidak tanggung-tanggung. Selain Mariah, banyak suara minoritas lain yang muncul dalam video iklan tersebut.

Diantaranya, seorang lelaki lanjut usia yang mengenakan kostum, model berukuran plus, serta seorang petinju dengan kaki prostetik.

Saat tidak menjadi model, Mariah mengelola salon kecantikan bergaya Maroko di London. Akun Instagram-nya memiliki 3.400-an followers.