Honda Lagi-Lagi Pangkas Produksi [st]

Honda Lagi-Lagi Pangkas Produksi

PinkKorset.com – Untuk kelima kalinya, Honda Motor Co. memangkas produksinya dalam sejarah raksasa otomotif tersebut. Apa sebabnya?

Hal tersebut diungkapkan Kepala Riset dan Pengembangan Honda, seperti dikutip Reuters, baru-baru ini. Alasannya, karena ingin fokus pada kualitas kendaraan.

Honda yang baru saja dilanda krisis dengan penarikan kembali (recall) besar-besaran sepanjang 2014 karena masalah airbag saat ini lebih fokus ke pengembangan produknya.

Ini terkait mobil Fit atau di Indonesia dikenal sebagai Jazz, versi hybrid-nya telah di-recall lima kali sejak pertama kali diluncurkan dalam satu tahun terakhir.

Direktur Riset dan Pengembangan Honda, Yoshimaru Yamamoto mengatakan, recall yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir adalah karena pekerjaan di divisi riset dan pengembangan.

“Kami berpikir harus mengurangi jumlah mobil yang kami kembangkan sekitar 20%,” ujarnya.

Pada akhirnya, kata Yamamoto, dengan spesifikasi yang banyak untuk setiap mobil, maka akan kehilingan karakter mobil sesungguhnya. Ini beban berat bagi mekanik Honda dan sangat tidak efisien.

Yamamoto menambahkan, pengurangan produksi Honda sudah berjalan meski ia enggan berkomentar kapan dimulainya pengurangan produksi dan sampai kapan hal ini akan dilakukan.

Rival abadi Honda, Toyota pernah melakukan hal yang sama terkait masalah keselamatan pada 2010 lalu.