Ibu Rumah Tangga Harus Melek Keuangan [idiva]

Ibu Rumah Tangga Harus Melek Keuangan

PinkKorset.com – Berstatus sebagai ibu rumah tangga bukan berarti Anda hanya diam dan duduk di rumah. Justru, ibu rumah tangga harus melek keuangan.

Hal ini menjadi salah satu fokus PT Finansial Wiramitra Danadyaksa (FWD). Melalui program Bebas Berbagi, FWD Life Indonesia mengajak ibu rumah tangga dari komunitas MommiesDaily untuk meningkatkan literasi keuangan.

Melalui program Bebas Berbagi yang wujud kegiatan CSR dari FWD Life Indonesia, menyelaraskan dengan program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berdasarkan data OJK, pemahaman masyarakat Indonesia terhadap sistem keuangan modern masih rendah. Survei Nasional Literasi Keuangan oleh OJK pada 2013 menunjukkan hanya 21,84% penduduk Indonesia sudah tergolong well literate.

Padahal negara ASEAN lainnya seperti Singapura telah mencapai 95%.

“Program Bebas Berbagi 2015 ini akan fokus kepada IRT yang memiliki bisnis (mompreneur), kaum muda pebisnis (youngpreneur) dan pengusaha kecil menengah (entrepreneur),” kata Benjamin Handrajasa, CEO FWD, beberapa waktu lalu.

Pada program yang pertama kali diadakan ini menyasar kategori mompreneur yang dihadiri ibu-ibu rumah tangga dari komunitas Mommiesdaily. Sebab kaum ibu berperan besar terhadap keuangan keluarga dan perekonomian masyarakat.

Data OJK menyebutkan, 51% keuangan keluarga ditentukan perempuan. Sayangnya, perempuan Indonesia belum paham mengelola keuangan.

“Bahkan data OJK menyebutkan tingkat melek keuangan perempuan Indonesia hanya 19%, masih tertinggal laki-laki sebesar 25%,” ucap Benjamin.

Peserta mendapat arahan bagaimana memulai dan menjalan bisnis dengan benar. Workshop yang dibantu DreamLab Indonesia selaku pengembang materi bisnis ini juga membuat simulasi rencana bisnis.