Ini Alasan Duduk Bikin Gemuk [wall-e]

Ini Alasan Duduk Bikin Gemuk

PinkKorset.com, Jakarta –  Duduk santai memang menyenangkan. Tapi, dibalik kesenangan duduk tanpa mengonsumsi makanan ini, tersimpan ancaman obesitas. Bagaimana bisa?

Dokter ahli penyakit dalam dan pembuluh darah, dr. Simon Salim, MKes, SpPD, AIFO mengatakan, duduk terlalu lama dapat menyebabkan badan menjadi gemuk. Pasalnya, ketika duduk, sangat sedikit kalori yang dibakar.

Tidak hanya itu. Enzim pemecah lemak juga turun drastis.

“Begitu Anda duduk, kalori yang dibakar hanya 1 persen dan enzim pemecah lemak dalam tubuh turun 90 persen,” katanya di acara gerakan Indonesia SeGar (Sehat dan Bugar) dan kampanye Bergerak 30 di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Menurutnya, duduk juga berisiko meningkatkan penyakit degeneratif, seperti diabetes dan jantung.

Misalkan saja, lanjutnya, duduk selama dua jam terus menerus, maka kolesterol HDL yang protektif terhadap jantung turun 20%. Sedangkan duduk selama 24 jam, dapa menyebabkan hormon insulin turun 24%.

”Artinya kemampuan tubuh melawan diabetes turun seperempatnya,” ucapnya.

sitting_2_edit

Duduk terlalu lama bahkan memiliki tingkat bahaya terhadap kesehatan yang sama seperti merokok. “Duduk selama 10 jam sama halnya seperti merokok beberapa batang,” katanya.

Untuk mencegah terlalu lama duduk, dr. Simon menyarankan menyela waktu duduk di kantor dengan mengambil minum maupun pergi ke toilet.

“Sebaiknya setelah duduk satu jam, interupsi ke toilet. Paling tidak setelah duduk 40-45 menit mengambil minum sendiri,” katanya.

Begitu pula bila Anda di rumah. Kurangi terlalu lama duduk dan lengkapi dengan aktivitas rumah tangga, misalnya menyapu, mengepel, mencuci piring dan lainnya.

Mengurangi waktu duduk berarti menambah umur Anda karena menurunkan risiko kematian akibat penyakit degeneratif.