Keputihan Terus Menerus Tanda Diabetes [google]

Keputihan Terus Menerus Tanda Diabetes

PinkKorset.com, Jakarta – Keputihan yang tak kunjung sembuh ternyata bisa jadi indikasi penyakit diabetes.

Keputihan (fluor albus) yang kerap dialami perempuan, terbagi menjadi dua golongan, yakni keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

Keputihan fisiologis biasanya dialami menjelang dan sesudah menstruasi. Sedangkan keputihan jenis patologis dipicu oleh infeksi bakteri, virus maupun jamur.

Ahli penyakit dalam dan konsultan endokrin RSCM Dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD-KEMD, FINASIM mengatakan, keputihan yang terjadi terus menerus, harus diwaspadai sebagai gejala kencing manis.

Dr. TJ sapaan akrabnya menjelaskan, ciri keputihan ini adalah kental, gatal, terjadi terus-menerus dan tidak berkaitan dengan menstruasi.

“Penyakit kencing manis menyebabkan sel pertahanan tubuh berkurang, sehingga keputihan tidak kunjung sembuh,” dalam acara Solusi Smart & Simple untuk Mengatasi Risiko Komplikasi Diabetes di Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, selama kadar gula darah tidak diturunkan, maka keputihan terus terjadi. “Meski diobati dengan antibiotik akan tetap begitu,” ucap dr. TJ.

Kasus keputihan akibat diabetes di Indonesia mencapai 10% dari total pasien perempuan dengan diabetes.