Cara Kendalikan Kolesterol [medicalnewstoday]

Cara Kendalikan Kolesterol

PinkKorset.com, Jakarta – Jumlah total kolesterol ideal dapat terpenuhi dengan tiga langkah. Apa saja?

Kadar kolesterol tinggi dapat memicu penimbunan dan pengerasan lemak (aterosklerosis) yang menyumbat aliran pembuluh darah.

Bila terjadi di pembuluh darah jantung, aterosklerosis akan menimbulkan penyakit jantung koroner. Jika menyumbat pembuluh darah otak, dapat menyebabkan stroke.

Untuk mengurangi risiko tersebut, total kolesterol dalam darah tidak boleh lebih dari 200 mg d/L. Sebab itu diperlukan cara untuk mengendalikan kolesterol.

“Trisula, pengobatan kolesterol yakni diet, olah raga dan obat,” kata Dr. Djoko Maryono DsPD, DsPJ, FIHA, FACC saat jumpa pers di Jakarta belum lama ini.

Diet

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol. Zat ini terkandung di dalam makanan berlemak seperti daging, susu, keju, dan telur. Secara alami, tubuh memproduksi kolesterol melalui liver.

Asupan makanan hewani berlebih meningkatkan jumlah kolesterol. Sebaliknya, Anda perlu meningkatkan asupan sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan serat, vitamin, mineral sekaligus antioksidan.

Pola konsumsi sehat juga dapat menjaga berat badan ideal.

Olah Raga

Mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup. Anda perlu menggerakkan badan untuk membakar kalori dan melancarkan aliran darah.

“Olah raga paling gampang yakni bersepeda, jalan kaki, jalan cepat, aeorobik, dan renang,” kata Dr. Djoko.

Menurutnya, olah raga ini tidak berisiko besar menimbulkan cedera lutut. Sebab jika cedera lutut, lanjutnya, orang jadi tak bisa bergerak dan tambah gemuk.

Anda memerlukan olah raga tersebut minimal 30 menit dan dapat dilakukan setiap hari ataupun tiga kali sepekan.

“15 menit pertama gula terbakar, 15 menit lagi kolesterol,” kata konsultan kardiologi di Rumah Sakit Pertamina ini.

Obat

Sementara itu, konsumsi obat penurun kolesterol bisa diaplikasikan. Terutama yang berbahan dasar phytosterol.

Perlu diingat, obat kimiawi penurun kolesterol kolesterol bisa membahayakan karena berisiko gagal ginjal, diabetes, penurunan libido, fungsi otak dan kerusakan otot.

“Phytosterol 1-2 mg bagus untuk tubuh. Senyawa ini menghambat penyerapan kolesterol di usus dan menggandeng kolesterol dalam darah serta mengeluarkannya,” ucap dokter yang juga anggota Asia-Pacific Atherosclerosis Society ini.

Phytosterol secara alami banyak terkandung di dalam lemak sayur, seperti minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak zaitun. Makanan yang banyak mengandung senyawa ini, diantaranya bekatul, jagung, wheat germ, flax seed, kedelai dan kacang tanah.

Kini phytosterol tak hanya terkandung dalam obat tetapi juga multivitamin.

Apa Sih Kolesterol Itu?

Kolesterol adalah lemak pada aliran darah ataupun sel tubuh yang berfungsi untuk pembentukan dinding sel dan bahan baku beberapa hormon.

Kolesterol dibagi dua jenis, kolesterol jahat (Low-Density Lipoprotein/LDL) dan kolesterol baik (High-Density Lipoprotein/HDL).

Kebutuhan LDL dalam darah tidak lebih dari 100 mg d/L. Sedangkan kadar HDL harus lebih tinggi 40 mg d/L (laki-laki) dan 50 mg d/L (perempuan).